CEK FAKTA: Hoaks Video WNA China Masuk ke Indonesia Dikaitkan dengan Larangan Haji

CEK FAKTA: Hoaks Video WNA China Masuk ke Indonesia Dikaitkan dengan Larangan Haji
Pemerintah larang WNA masuk Indonesia. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
CEK-FAKTA | 11 Juni 2021 15:42 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah video yang disebut-sebut WNA asal China datang ke Indonesia. Video berdurasi satu menit itu dikaitkan dengan larangan ibadah haji, yang sudah diputuskan pemerintah.

hoaks video wna china di indonesia dikaitkan dengan larangan haji
Kominfo

"Di Bandara Sultan Syarif Kasim orang China aja semua," kata seseorang dalam video.

Penelusuran

Dari hasil penelusuran merdeka.com, video tersebut tidak terkait dengan larangan berangkat haji. Dalam artikel antaranews.com berjudul "Imigrasi mengklarifikasi isu video viral WNA China "serbu" Riau" pada 1 Juli 2019, dijelaskan bahwa video diambil setelah wisatawan asing menghadiri tradisi Bakar Tongkang.

Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait, juga membantah isu serbuan WNA China di Bandara Pekanbaru.

"Mereka itu wisatawan yang habis menghadiri Bakar Tongkang. Kita sebagai operator bandara, semuanya tentu harus kita layani," kata Jaya Tahoma Sirait.

Bakar Tongkang merupakan tradisi turun-temurun bagi warga Tionghoa Bagansiapiapi untuk menghormati nenek moyang mereka, sehingga membuat puluhan ribu perantau yang kini tinggal di berbagai kota di dalam dan luar negeri seperti pulang kampung khusus untuk menghadiri Bakar Tongkang. Tradisi ini sekarang dikemas pemerintah daerah menjadi sebuah festival dan masuk dalam agenda pariwisata nasional.

Puluhan ribu wisatawan nusantara dan mancanegara menghadiri Festival Bakar Tongkang 2019. Bupati Rokan Hilir Suyatno saat melihat acara itu di Bagansiapiapi, pada 19 Juni 2019 merasa sangat gembira dan terharu karena banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang membuat kota itu sangat ramai.

"Ke depannya itu bagaimana harus ramai lagi. Saya mendapat informasi tahun ini jumlah pengunjung hampir 76 ribu, luar biasa sekali. Tahun depan kita minta 100 ribu pengunjung," kata Suyatno.

Kesimpulan

Video WNA China masuk ke Indonesia dan dikaitkan dengan larangan berangkat haji adalah hoaks. Video itu sudah beredar sejak 2019, atau setelah wisatawan asing menghadiri Festival Bakar Tongkang 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami