CEK FAKTA: Hoaks Wajah Memerah karena Efek Vaksin

CEK FAKTA: Hoaks Wajah Memerah karena Efek Vaksin
Ilustrasi vaksin. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio
CEK-FAKTA | 16 September 2021 17:21 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar artikel menyebutkan wajah memerah karena efek vaksin. Dalam potongan artikel itu, tertulis efek vaksin akan hilang setelah 3 sampai 5 tahun mendatang.

hoaks wajah merah karena efek vaksin
Facebook

"Anti-vaxxers have nicknamed me ‘beetroot chops’ but doctors have assured me that it just shows the vaccine is working well and said my face will return to normal in 3-5 years"

Berikut terjemahannya:

"Anti-vaksin telah menjuluki saya 'beetroot chops' tetapi dokter meyakinkan saya efek vaksin sudah bekerja dengan baik dan mengatakan bahwa wajah saya akan kembali normal dalam 3-5 tahun"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah hoaks.

Dalam artikel Reuters Fact Check berjudul "Fact Check-Purported ITV article about an individual with a bright red face following a vaccine is fabricated" pada 13 September 2021, dijelaskan bahwa artikel tersebut tidak pernah tayang.

Juru bicara ITV menegaskan bahwa tangkapan layar itu palsu.

"Kami mengetahui artikel hoaks yang saat ini beredar di media sosial sebagai berita situs web ITV News. ITV News menganggap serius penyediaan berita berkualitas tinggi yang akurat, dan karena itu kami sedang menyelidiki sumber berita hoaks ini."

Gambar yang muncul berbarengan dengan artikel tersebut, bukan berasal dari tahun 2021. Gambar itu diterbitkan di sebuah blog oleh badan amal 'Arts Together' pada tahun 2013.

Kemudian, tidak ada informasi maupun penelitian resmi terkait wajah memerah karena efek vaksin.

Kesimpulan

Informasi potongan artikel menyebutkan wajah memerah karena efek vaksin adalah hoaks. Artikel tersebut merupakan suntingan dan tidak pernah tayang. Kemudian, tidak ada penelitian resmi terkait wajah memerah karena efek vaksin.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami