CEK FAKTA: Hoaks Warga Positif Corona Setelah Salam Komando dengan Menhub

CEK FAKTA: Hoaks Warga Positif Corona Setelah Salam Komando dengan Menhub
CEK-FAKTA | 17 Maret 2020 12:34 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar foto seorang pria bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan pose salam komando.

Pria tersebut diisukan positif virus corona usai bersalaman dengan Menhub Budi Karya Sumadi. Seperti diketahui Menhub salah satu pasien positif virus corona.

Penelusuran

Berdasarkan penelusuran tim cek fakta merdeka.com. Foto tersebut sudah diambil sejak satu yang lalu, saat Menteri Perhubungan Budi Karya melakukan kunjungan di Parepare, Sulawesi Selatan.

Seperti yang diberitakan olek Detik.com dengan judul Viral Pria Positif Corona Usai Salam Komando dengan Menhub, Ini Faktanya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan kabar tersebut hoax. "Hari ini beredar foto di media sosial ada Menhub dengan pria di Parepare. Tapi itu beredar dan dikabarkan terjadi di daerah OKI (Ogan Komering Ilir), Sumsel. Itu hoax," tegas Herman Deru saat rapat koordinasi Satgas Corona di Pemprov Sumsel, Senin (16/3/2020).

Herman Deru memastikan informasi tersebut setelah dirinya mengkonfirmasi ke pejabat Kemenhub. Dia mengatakan foto tersebut diambil satu tahun lalu saat Budi Karya kunjungan kerja ke Parepare, Sulawesi Selatan.

"Pria itu inisial M, pria Parepare seorang ojol dan sakit di dalam foto adalah sakit satu tahun lalu. Ini saya lihatnya beredar di media sosial dan sudah dikonfirmasi ke Dirjen Hubungan Darat di Kemenhub," katanya.

Dalam foto itu, terlihat seorang pria foto dengan Menhub Budi dengan pose salam komando. Beredarnya foto itu diketahui membuat resah masyarakat di Sumsel.

"Fotonya jelas. Itu salam komando terus sebelahnya ada foto dia sakit. Itu sudah dicek dan tidak benar, ini tentunya sudah membuat kegaduhan dan simpang siur," kata Herman Deru.

"Corona itu memang bahaya, tapi bahaya lagi turunannya. Lihat saja itu kegaduhan dan kepanikan, tentu kita harus hati-hati," katanya.

Dengan beredarnya kabar hoax tersebut, Herman Deru meminta masyarakat agar lebih selektif menerima informasi. Selain itu dia minta pihak berwajib untuk segera bertindak.

Terakhir, ia meminta masyarakat di Sumsel menjaga kebersihan. Bahkan ia memastikan sampai saat ini belum ada warga yang positif Corona.

"Sampai saat ini kita masih aman dan belum ada suspect. Tentu ini kita juga harus waspadai, tapi tidak boleh panik," tutupnya.

Kesimpulan

Jadi foto yang beredar menyebutkan pria positif virus corona usai salam komando dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tidak benar atau hoaks. (mdk/dan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami