CEK FAKTA: Hoaks WN China Ikut Tes CPNS di Indonesia

CEK FAKTA: Hoaks WN China Ikut Tes CPNS di Indonesia
Peserta Tes CPNS. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
CEK-FAKTA | 3 Desember 2021 17:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah artikel yang menyebutkan jutaan WN China ikut tes CPNS beredar di media sosial. Penyebar artikel menduga WN China melakukan tes CPNS di Indonesia.

hoaks wn china tes cpns di indonesia
turnbackhoax

"Astagfirullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur ! Yaa Allah cabutlah dan runtuhkanlah segera rezim ini"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi WN China melakukan tes CPNS di Indonesia adalah hoaks.

Dalam artikel JPNN berjudul "1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat" pada 29 November 2021, dijelaskan tes CPNS dilakukan di Beijing.

Sekitar 1,42 juta warga China bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) setempat untuk formasi tahun 2021.

Jumlah pelamar PNS tahun ini meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu, demikian Badan Pelayanan Sipil Nasional (NCSA) dikutip media setempat, Senin.

Di antara posisi yang lowong di 75 instansi pusat dan 23 instansi cabang, persaingan paling ketat adalah posisi di Prefektur Ngari, Daerah Otonomi Tibet, dengan gaji dan peningkatan karier yang lebih menjanjikan.

Kualifikasi di 8.700 posisi institusi di daerah terpencil di wilayah barat China dipermudah dibandingkan dengan daerah lain.

Kesimpulan

Informasi jutaan WN China ikut tes CPNS di Indonesia adalah hoaks. WN China memang melakukan tes CPNS, tetapi di Beijing, China. Bukan di Indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami