CEK FAKTA: Tangkapan Layar Soal Kemacetan di Puncak Karena Ada Kecelakaan

CEK FAKTA: Tangkapan Layar Soal Kemacetan di Puncak Karena Ada Kecelakaan
CEK-FAKTA | 16 Maret 2020 13:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar akun youtube dengan nama media televisi nasional di media sosial Facebook, Twitter hingga WhatsApp. Dalam tangkapan layar berjudul "Wisata Jakarta Ditutup, Warga Serbu Puncak Hingga Tak Bergerak" ini, terlihat suasana kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/3/2020).

Dalam tangkapan layar itu pula, terlihat judul berita "KAWASAN PUNCAK ANTRE HINGGA 8 KILOMETER".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, ditemukan sebuah artikel dari portal media Detik.com berjudul Polisi Ungkap Fakta Kabar Puncak Diserbu karena Wisata Jakarta Ditutup yang ditulis pada Minggu 15 Maret 2020.

Polres Bogor menyebutkan kondisi lalu lintas ke arah Puncak memang cukup padat. Namun polisi menyebut kepadatan itu merupakan hal biasa di akhir pekan dan tidak berkaitan langsung dengan kabar yang berembus (corona) itu.

"Dari kemarin kondusif seperti weekend biasanya tidak ada yang luar biasa," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri saat dimintai konfirmasi, Minggu (15/3/2020).

Fadli menyebut kepadatan pada Sabtu (14/3) kemarin ke arah Puncak terjadi karena adanya kecelakaan. Sementara itu, untuk kondisi lalu lintas hari ini, disebut Fadli, relatif lancar.

"Kemarin sempat terjadi kepadatan karena ada kendaraan terbakar di Puncak dan sudah dievakuasi," kata Fadli.

Dia pun memastikan viral kawasan Puncak diserbu terkait wisata di Jakarta ditutup karena virus Corona tidak benar. Saat ini kondisi lalu lintas, baik dari arah Jakarta ke Puncak maupun sebaliknya, lancar.

"Jadi apabila ada media yang bilang terjadi serbuan besar-besaran, itu hoax," ucapnya.

Kemudian dikutip dari akun Instagram bogor.terkini, sebuah video kendaraan terbakar dan membuat lalu lintas macet.

"Terjadi kebakaran mobil di seputaran Hotel Grand Hill Desa Tugu Jalan Raya Puncak pada pukul 07.00 pagi ini, Sabtu (14/03/2020)

Saat ini Petugas Sat Lantas Polres Bogor sedang melakukan evakuasi. Situasi arus lalu lintas di sekitar lokasi terpantau padat."

Kemudian, portal media Vivanes.com menuliskan berita berjudul Anies Tutup Lokasi Wisata di Jakarta, Wisatawan Pindah ke Puncak Bogor, Sabtu (14 Maret 2020).

Dalam berita tersebut, lokasi wisata Taman Safari Indonesia, Puncak, Bogor, Jawa Barat, tetap menjadi tujuan wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pihak Taman Safari Indonesia mengaku menerima banyak rombongan wisata.

"Kami kemarin menerima rombongan dari sekolah maupun dari masyarakat dan perusahaan lain untuk pemesanan tiket dalam jumlah skala banyak. Pengunjung menanyakan apakah Taman Safari buka? Mereka bilang karena Ancol dan lokasi wisata lain tutup, sehingga rombongan melimpah ke sini," kata General Manager Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor, Emeraldo Paringkuan, diwawancarai VIVAnews, Sabtu 14 Maret 2020.

Maraknya virus Corona DKI menutup ke objek wisata, sementara penutupan belum dilakukan di wilayah Jawa Barat. Emeraldo mengatakan, TSI buka seperti biasa dengan menyiapkan langkah mengantisipasi yang dilakukan.

Kesimpulan

Tangkapan layar dari Youtube itu adalah tidak benar atau hoaks. Kemacetan terjadi karena adanya kecelakaan, bukan karena isu yang beredar. (mdk/dan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami