CEK FAKTA: Memijat Wajah Bisa Atasi Keterlambatan Bicara pada Anak? Simak Faktanya

CEK FAKTA: Memijat Wajah Bisa Atasi Keterlambatan Bicara pada Anak? Simak Faktanya
ilustrasi anak. ©erwinreviews.com
CEK-FAKTA | 27 Mei 2022 14:25 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan memijat wajah dan telinga bisa mengatasi keterlambatan bicara atau speech delay pada anak. Dalam unggahan berupa video berisi tata cara memijat wajah dan telinga yang diklaim bermanfaat mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

Video berdurasi 1 menit 39 detik itu, memperlihatkan seorang anak tengah dipijat di bagian wajahnya. Mulai dari dagu, hidung, pipi, hingga bagian telinga.

"Bagi yg punya anak

speech delay

atau mengalami keterlambatan berbicara..

silahkan di coba

pelan2 yah," tulis salah satu akun Facebook.

Penelusuran

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Medika BSD, dr. Yoga Yandika, Sp.A. mengatakan bahwa memijat wajah dan telinga tidak bisa mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

"Mitos. Jadi enggak mungkin hanya dipijit-pijit saja, anak jadi bisa bicara," kata dr Yoga dilansir dari Liputan6.com.

Dr Yoga menjelaskan, ada beberapa komponen dasar untuk mengetahui apakah si anak lancar dalam berbicara atau tidak.

Yang pertama bahasa reseptif, artinya anak dapat mengerti dan mengerjakan apa yang diperintahkan. Kedua, bahasa ekspresif, yakni anak dapat mengeluarkan suara untuk berbicara dengan orang lain.

Menurut dr Yoga, agar si anak dapat berbicara, perlu distimulus dengan mengajak berkomunikasi dan memperhatikan responsnya.

"Yang pertama komunikasi dua arah. Kedua, anak fokus diajak bicara, dan ketiga anak sering mendengarkan bahasa tersebut," ucap dr Yoga.

"Jadi terapi oromotor (pijat wajah) enggak ada artinya jika, 3 komponen dasar tadi tidak terpenuhi," tambah dr Yoga.

Kesimpulan

Memijat wajah dan telinga tidak bisa mengatasi keterlambatan bicara pada anak. Dokter spesialis anak Yoga Yandika mengatakan agar si anak dapat berbicara, perlu distimulus dengan mengajak berkomunikasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4970312/cek-fakta-tidak-benar-memijat-wajah-dan-telinga-bisa-mengatasi-keterlambatan-bicara-pada-anak

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami