CEK FAKTA: Tidak Benar Bandara Kualanamu Dijual ke Perusahaan Asing

CEK FAKTA: Tidak Benar Bandara Kualanamu Dijual ke Perusahaan Asing
Bandara Kualanamu
CEK-FAKTA | 2 Desember 2021 11:41 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Informasi Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara dijual ke perusahaan asing beredar di media sosial. Kabarnya, bandara tersebut dijual ke perusahaan India. Kabar ini membuat warga Medan geram.

kabar bandara kualanamu dijual
istimewa

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi Bandara Kualanamu dijual ke perusahaan asing adalah tidak benar.

Dalam artikel merdeka.com berjudul "Respons Kemenkeu, Pemerintah Dituding Jual Bandara Kualanamu pada Asing" pada 26 November 2021, dijelaskan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara tetap dipegang Angkasa Pura II (AP II).

Staf khusus (Stafsus) Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo menerangkan, dalam skema kemitraan strategis berjangka waktu 25 tahun dengan perusahaan asal India itu porsi kepemilikan saham terbesar dimiliki AP II. Yakni, 51 persen milik AP II dan 49 persen dipegang oleh GMR Airports.

Menurutnya, skema kerja sama tersebut membawa keuntungan sendiri bagi Indonesia. Antara lain dengan tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu namun tetap mendapatkan keuntungan dari bagi hasil.

"Justru kita tak perlu mengeluarkan uang utk membiayai pengelolaan tapi tetap mendapat bagi hasil. Setuju pak?," tulis Prastowo melanjutkan.

Kesimpulan

Informasi Bandara Kualanamu di Deli Serdang dijual ke perusahaan asing adalah tidak benar. Bandara Kualanamu tetap milik Angkasa Pura II.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami