CEK FAKTA: Tidak Benar Berjabat Tangan Tak Menularkan Covid-19

CEK FAKTA: Tidak Benar Berjabat Tangan Tak Menularkan Covid-19
CEK-FAKTA | 11 Agustus 2020 12:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Informasi berjabat tangan tidak akan menularkan virus Covid-19 beredar di media sosial Facebook. Informasi itu disebarkan oleh akun Facebook Yudistira. Dalam unggahannya, akun Facebook Yudistira menganalisis bahwa penularan Covid-19 bukan melalui udara maupun berjabat tangan.

hoaks jabat tangan tidak menularkan covid19

Kominfo

"COVID-19 YG MENURUT PENGAKUAN JOKOWI TELAH MENEMBUS ANGKA 111.000 PASIEN POSITIV, MENURUT ANALISIS SAYA PENULARANYA BUKAN DISEBABKAN MELALUI UDARA ATAU BERJABAT TANGAN, TETAPI SAYA CURIGA PENULARAN COVID19 DITULARKAN MELALUI MAKANAN PRUDUK" IMPOR KHUSUSNYA DARI NEGARA NENEK MOYANG COVID19, KARENA PADA UMUMNYA MASYARAKAT KITA GEMAR BELANJA PRODUK MAKANAN IMPOR DARIPADA PRODUK MAKANAN DALAM NEGERI, PERLU HATI" DAN WASPADA ADA KONSPIRASI JAHAT MELALUI PRODUK MAKANAN IMPOR, WASPADALAH!!!"

Penelusuran

Penjelasan terkait berjabat tangan bukan media penularan Covid-19 dijelaskan dalam artikel business insider berjudul "Fauci says people should 'just forget about shaking hands' even after the coronavirus threat is over" pada 8 April 2020.

Dalam artikel business insider dijelaskan bahwa berjabat tangan bisa menjadi salah satu cara penularan virus Covid-19.

"Anthony Fauci, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases mengatakan bahwa kebiasaan berjabat tangan mungkin harus dihindari. Karena menurutnya, berjabat tangan menjadi salah satu cara penularan Covid-19.

"Sebagai masyarakat, lupakan saja berjabat tangan. Kita tidak perlu berjabat tangan," kata Fauci.

"Karena faktanya, berjabat tangan menjadi salah satu cara penularan penyakit yang ditularkan melalui pernapasan," tambahnya.

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "Bisakah kamu tertular penyakit dari berjabat tangan?" pada 18 Juli 2017, dijelaskan alasan berjabat tangan bisa menularkan penyakit.

1. Infeksi penyakit mampu menyebar dari satu orang ke yang lainnya dengan cara berjabat tangan. Apalagi jika kamu atau lawan bicaramu baru saja bersin dan menutup hidung dengan tangan.
2. Tangan kotor akan membawa berbagai jenis mikroba yang akan ditransfer ke orang lain saat berjabat tangan.
3. Penyakit apa saja yang bisa menular karena berjabat tangan? Flu, cacar air, penyakit pencernaan, serta infeksi kulit adalah beberapa contohnya,
4. Penelitian menunjukkan bahwa dengan menjaga kebersihan tangan, kita bisa mencegah persentasi kematian karena diare setiap tahunnya.
5. Selain berjabat tangan, menyentuh atau memegang ponsel teman juga bisa menyebarkan penyakit berbahaya. Sebabnya banyak kuman, bakteri, dan mikroba yang menempel di ponsel tersebut.

Lantas, bagaimana cara tepat untuk mencegah penularan penyakit karena berjabat tangan? Pastikan bahwa kamu selalu mencuci tangan setiap kali usai menyentuh benda kotor, bersin, atau buang air. Serta tingkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam dengan konsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih.

Kesimpulan

Informasi berjabat tangan tidak menularkan virus Covid-19 adalah tidak benar. Faktanya, berjabat tangan bisa menularkan virus dan penyakit.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami