CEK FAKTA: Tidak Benar Daftar Perlengkapan Medis untuk Hadapi Covid-19 di Rumah

CEK FAKTA: Tidak Benar Daftar Perlengkapan Medis untuk Hadapi Covid-19 di Rumah
CEK-FAKTA | 24 Juli 2020 17:17 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar sebuah informasi terkait perlengkapan yang harus disiapkan di rumah untuk menghadapi virus corona atau Covid-19.

Informasi tersebut beredar di media sosial, berupa perlengkapan yang harus ada di rumah mulai dari oksigen, obat kumur sampai antibiotik.

Berikut narasinya:

Beberapa tips:

Kit Medis Covid Diperlukan dirumah:

1. Paracetamol dan Antibiotik
2. Obat kumur
3. Vitamin C dan D3
4. B Kompleks
5. UAP
6. Oksimeter
7. Tabung Oksigen (hanya untuk keadaan darurat)
8. Latihan Pernafasan

tidak benar daftar perlengkapan medis untuk hadapi covid 19 di rumah

Turnbackhoax.id

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim terkait perlengkapan yang harus disiapkan di rumah untuk menghadapi virus Covid-19.

Dilansir AFP, Wakil Menteri Kesehatan Filipina Dr. Maria Rosario Vergeire mengatakan semua klaim tersebut tidak didukung oleh bukti.

Ia mengatakan penggunaan oksigen untuk mengobati pasien Covid-19, "Harus berdasarkan saran dokter dan dipantau dengan baik."

Badan kesehatan di seluruh dunia telah berulang kali mendesak siapa pun yang mengalami kesulitan bernapas karena dicurigai COVID-19 untuk mencari bantuan medis segera.

Lembar informasi ini yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyatakan:

"Cari tanda peringatan darurat untuk Covid-19. Jika seseorang menunjukkan salah satu dari tanda-tanda ini, segera dapatkan perawatan medis darurat: Kesulitan bernafas, nyeri yang terus-menerus atau tekanan di dada, ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga, bibir kebiruan atau wajah."

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberi saran dalam lembar informasi ini: "Orang-orang dari segala usia yang mengalami demam dan batuk yang berhubungan dengan kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri tekanan dada, atau kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak harus mencari perhatian medis segera."

Kesimpulan

Klaim daftar perlengkapan yang harus disiapkan di rumah untuk menghadapi virus Covid-19 adalah salah.

Pakar kesehatan mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan daftar perawatan yang diklaim efektif. Mereka juga menyarankan orang dengan kesulitan bernapas karena dicurigai Covid-19 untuk mencari bantuan medis segera.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami