CEK FAKTA: Tidak Benar dalam Foto Ini Ibu Kota Telah Terkepung

CEK FAKTA: Tidak Benar dalam Foto Ini Ibu Kota Telah Terkepung
tidak benar foto ini ibu kota terkepung. ©liputan6.com
CEK-FAKTA | 9 Oktober 2020 15:08 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar beberapa foto yang memperlihatkan ribuan orang yang sedang berkerumun, foto tersebut bernarasi Ibu Kota telah terkepung dan jika ini terus terjadi dalam beberapa hari akan terjadi pemakzulan presiden.

Berikut keterangannya:

IBUKOTA TERKEPUNG

PENGAMAT SENIOR MENGATAKAN BILA SAMPAI TERJADI TERUS DALAM BEBERAPA HARI KE DEPAN..BISA DI PASTIKAN INSHA ALLAH TERJADI PEMAKZULAN PRESIDEN...GAZPOOL

Penelusuran

Penelusuran foto Ibu Kota terkepung dilakukkan menggunakan Google Image. Penelusuran pertama pada artikel berjudul "Tak Hanya Cikembar, Buruh di Sukalarang Sukabumi Juga Mulai Mogok Kerja" yang dimuat situs sukabumiupdate.com, pada 6 Oktober 2020.

tidak benar foto ini ibu kota terkepung

Dalam artikel, menjelaskan aksi demonstrasi buruh di PT Pratama Abadi Industri Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Selasa (6/11/2020). Aksi mogok tersebut merupakan penolakan untuk Undang-undang Omnibus Law atau Undang-undang Cipta Kerja.

Kemudian penelusuran lainnya mengarah pada akun Instagram @info-jawa-barat, akun tersebut mengunggah video dengan tampilan gambar yang identik dengan dua foto yang ada diklaim, video tersebut diunggah pada, 6 Oktober 2020.

tidak benar foto ini ibu kota terkepung

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Mogok besar-besaran terjadi di PT Pratama Abadi Industri JX, Sukalarang - Sukabumi. Ribuan buruh tumpah ruah di halaman pabrik, sambil berorasi menolak RUU Cipta Kerja"

Penelusuran foto dilanjutkan dengan menelusuri foto ke tiga yang menampilkan sejumlah masa mengibarkan bendera hitam bertuliskan FSPMI menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Lautan Massa Buruh Tolak Omnibus Law Kepung DPR" yang dimuat situs cnbcindonesia.com, 25 Agustus 2020.

tidak benar foto ini ibu kota terkepung

Artikel situs cnbcindonesia.com memuat rangkaian foto, salah satu foto yang dimuat identik dengan foto klaim.

Foto tersebut merupakan demosntrasi buruh menolak draft Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja, di depan Gedung DPR RI, pada 25 Agustus 2020.

Berikut keterangan foto tersebut:

"Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) demo di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, (25/8/20). Aksi tersebut untuk menolak draft Omnibuslaw RUU Cipta Kerja yang diserahkan pemerintah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)"

Kesimpulan

Klaim foto Ibu Kota terkepung adalah tidak benar. Foto tersebut terjadi saat aksi buruh menolak UU Cipta Kerja di Sukabumi, Jawa Barat. Foto selanjutnya adalah foto buruh menolak draft Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja, di depan Gedung DPR RI, pada 25 Agustus 2020 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami