CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Selfie Saat Banjir

CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Selfie Saat Banjir
Anies tinjau banjir di Kebon Pala. ©2018 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi
CEK-FAKTA | 23 Februari 2021 15:42 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto atau selfie di lokasi banjir. Foto tersebut menampilkan Anies selfie menggunakan jaket berwarna merah dengan mengangkat tangan kiri sambil memegang ponsel berlatarbelakang banjir dan terdapat dua ekor anjing.

Unggahan ini disertai dengan narasi sebagai berikut:

"Pak Anies sengaja mengabadikan sampah kemasan sabun cair yg hanyut di buang warga....itu bisa fatal...bisa mengakibatkan banjir..." tulis akun Faceboo Surkim, pada 17 Februari 2021.

tidak benar anies selife saat banjir

Penelusuran

Berdasarkan hasil penelusuran, foto unggahan tersebut telah melalui proses penyuntingan. Adapun foto asli dari unggahan akun Instagram pribadi Wali kota Bogor Bima Arya.

tidak benar anies selife saat banjir

Foto tersebut diambil pada Senin, 12 Februari 2018, saat Anies Baswedan berkunjung ke Katulampa, Bogor, untuk bicarakan kerjasama pencegahan banjir.

Hasil penelusuran lainnya, mengarah pada artikel berjudul "Anies dan Bima Cengar-Cengir di Katulampa Ditengah Banjir Jakarta, Pemkot: Hoaks" yang dimuat situs ayobogor.com, pada 2 Januri 2020.

Artikel situs ayobogor.com, memuat foto Anies Baswdan dan Wali Kota Bogor Bima Arya dengan latarbelakang pintu air Katulampa, Bogor.

Artikel situs ayobogor.com menyebut, dalam foto tersebut terlihat Anies Baswedan dan Bima Arya tengah berswafoto di pintu air Katulampa, Bogor Timur. Foto tersebut diambil saat kunjungan Anies ke Kota Bogor pada 12 Februari 2018.

Kesimpulan

Klaim Anies Baswedan selfie saat banjir adalah keliru. Foto tersebut sudah dimanipulasi dari aslinya.

Dalam foto aslinya Anies Baswedan dan Bima Arya tengah berswafoto di pintu air Katulampa, Bogor Timur pada 12 Februari 2018.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami