CEK FAKTA: Tidak Benar Foto PM India pada Sertifikat Kematian Korban Covid-19

CEK FAKTA: Tidak Benar Foto PM India pada Sertifikat Kematian Korban Covid-19
PM India Narendra Modi berpidato di hadapan massa di Ahmedabad. ©Amit Dave/Reuters]
CEK-FAKTA | 12 Mei 2021 15:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Foto Perdana Menteri India Narendra Modi diklaim terdapat disertifikat kematian korban virus Covid-19 beredar di media sosial.

Pada foto itu, terdapat gambar Perdana Menteri Narendra Modi di bagian bawah. Namun tidak jelas tulisan dalam dokumen tersebut.

"Mati Corona atau mengatakan bahwa clutter pemerintah telah membunuh mereka yang telah dibunuh oleh Corona, Perdana Menteri bernama Narendra Modi telah merusak semua batas ketidaktahuannya dengan mencetak fotonya di sertifikat kematian mereka.Begitu banyak cinta yang heboh?Sungguh, kamu bahkan tidak pantas disebut manusia.Saya telah menentang Anda sebagai Perdana MenteriTapi sekarang aku membenci namamu."

tidak benar foto pm india pada sertifikat kematian korban covid 19

Penelusuran

Hasil penelusuran terkait klaim foto PM Modi pada sertifikat kematian korban Covid-19 di India, mengarah pada artikel berjudul "No, This Is Not A Death Certificate" yang dimuat situs boomlive.in, pada 22 April 2021.

Artikel situs boomlive.in mengulas klaim foto yang sama. Dalam artikel itu disebutkan foto tersebut dan diterbitkan dalam sebuah artikel oleh Indiatimes pada 17 April, dokumen yang ada dalam foto tersebut merupakan sertifikat vaksin Covid-19.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Fact-check: Death certificates issued with PM Modi’s photo?" yang dimuat situs altnews.in, pada 25 April 2021 yang juga mengulas foto yang sama dengan kalim.

Artikel situs altnews.in menyebutkan, teks yang dicetak pada gambar yang diterbitkan oleh India Times lebih jelas dan mudah dibaca. “Sertifikat Sementara untuk Vaksinasi COVID 19,”.

Kesimpulan

Klaim foto PM India Narendra Modi disertifikat kematian korban Covid-19 tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan sertifikat vaksin Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.boomlive.in/fact-check/no-this-is-not-a-death-certificate-with-pm-modis-image-on-it-12868
https://www.altnews.in/no-this-image-of-a-document-with-photo-of-pm-modi-in-not-a-death-certificate/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4549496/cek-fakta-tidak-benar-foto-pm-modi-pada-sertifikat-kematian-korban-virus-corona-india (mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami