CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Tahun 2021

CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Tahun 2021
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Tahun 2021. ©2020 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 6 Agustus 2020 16:54 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar sebuah foto yang diklaim sebagai Sirkuit Mandalika, NTB untuk penyelenggaraan MotoGP tahun 2021.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Dadho-Rendhy pada 29 Juli 2020, dengan narasi sebagai berikut:

Insya Allah 2021 Sirkuit Mandalika NTB sudah Bisa Di Gunakan....
Bikin Para Pembalap Motto GP seakan Balapan Di Jalan Raya
KEREN

cek fakta tidak benar foto sirkuit mandalika siap digunakan tahun 2021

Penelusuran

Cek Fakta Merdeka.com menelusuri klaim yang menggambarkan foto Sirkuit Mandalika. Berdasarkan penelusuran, mengarah ke beberapa gambar sirkuit serupa dengan nama Sirkuit Sepang di Malaysia.

Salah satu artikel dari viva.co.id berjudul "Indonesia Bikin Sirkuit Mandalika, Malaysia Lakukan Terobosan" yang tayang pada 9 April 2019. Pada artikel tersebut menggunakan ilustrasi Sirkuit Sepang, serupa dengan foto yang seperti diklaim tersebut.

Kemudian, dalam situs MotoGP.com, berikut foto dari Sirkuit Sepang, Malaysia

cek fakta tidak benar foto sirkuit mandalika siap digunakan tahun 2021
MotoGP.com

Penelusuran kembali dilakukan menggunakan Google Search dengan kata kunci "desain sirkuit mandalika". Dilansir dari Detik.com berjudul "Ini Desain Sirkuit MotoGP Mandalika" dimuat pada 3 Januari 2020.

cek fakta tidak benar foto sirkuit mandalika siap digunakan tahun 2021
Tangkapan Layar Detik.com

Berikut isi artikelnya:

Jakarta - Memasuki tahun 2020 berarti tinggal satu tahun lagi Sirkuit Mandalika, Lombok untuk MotoGP siap digeber. Seperti yang telah disepakati Indonesia akan menggelar ajang balap motor paling bergengsi itu di sirkuit yang sedang dibangun itu pada 2021.

MotoGP melalui akun instagramnya, @motogp mengunggah rancangan video render 3D sebagai gambaran bagaimana sirkuit ini terlihat nantinya. Bertempat tak jauh dari Bali tentunya area sirkuit ini juga akan memanjakan para wisatawan yang cukup tergambarkan dari video render tersebut.

Sirkuit ini diperkirakan mampu menampung penonton dengan kapasitas 150.000 orang. Banyak yang memprediksi gelaran MotoGP di Indonesia akan masuk sebagai daftar kegiatan otomotif paling ditunggu tahun itu dan menjadi sorotan utama.

Sementara itu, dilansir dari Merdeka.com berjudul "April 2021, Lintasan MotoGP Mandalika Siap Diuji Coba" dimuat pada 29 Juli 2020.

embangunan sirkuit MotoGP Mandalika masih terus berjalan. Jika tidak ada kendala, uji coba sirkuit sudah bisa dilakukan pada bulan April 2021.

"Insya Allah, uji coba lintasan sudah bisa dilakukan April 2021," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Moh Faozal, di Mataram. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (29/7).

Menurutnya, progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika sudah mencapai 50 persen. Diperkirakan pada bulan Agustus 2020, sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 kilometer dan 17 tikungan tersebut sudah masuk dalam tahap pengaspalan.

"Jadi semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan," terang Faozal.

Rencana uji race lintasan pada 2021, sambung Faozal, sekaligus menepis isu yang berkembang bahwa pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika tertunda akibat pandemi COVID-19. Sebab, bagaimanapun pergelaran MotoGP di sirkuit Mandalika menjadi harapan bagi pariwisata NTB.

"Saya kira tidak ada penundaan pembangunan sirkuit, apalagi penyelenggaraan MotoGP sudah terikat antara penyelenggara MotoGP dengan pemerintah. Jadi tandatangan ini bukan lagi antar daerah NTB tapi sudah negara melalui presiden," tegasnya.

Karena itu, meski pandemi Covid-19 merebak, Faozal menyatakan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika terus berjalan, sehingga tidak ada masalah dengan pembangunannya.

"Saya kira semua negara mengalami Covid-19, tetapi apakah aktivitas itu terhenti tentu juga tidak. Karena, semua juga berjalan dengan menerapkan SOP Covid-19. Contoh main bola saja sudah bisa dilaksanakan tetapi tetap jalan dengan mengedepankan protokol Covid-19, sehingga kenapa tidak dengan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika," katanya.

Sebelumnya, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

"Masih on the right track," ujarnya.

Menurutnya, Kementerian PUPR sendiri memberikan perhatian khusus kepada NTB, karena provinsi itu akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Mulai dari pembangunan jalan yang akan dibangun dari bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada bulan Juli.

"Kami optimistis pembangunan sirkuit tetap berjalan sesuai rencana walau ada masalah lahan," katanya.

Kesimpulan

Klaim terkait foto Sirkuit Mandalika adalah keliru. Faktanya, foto yang beredar di media sosial tersebut adalah foto Sirkuit Sepang, Malaysia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami