CEK FAKTA: Tidak Benar Gaji Tenaga Kesehatan Dipotong 50 Persen

CEK FAKTA: Tidak Benar Gaji Tenaga Kesehatan Dipotong 50 Persen
Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
CEK-FAKTA | 5 Februari 2021 11:17 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Informasi gaji tenaga kesehatan dipotong 50 persen beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa gaji tenaga kesehatan dipotong 50 persen, sedangkan gaji staf khusus presiden dan BPIP diberikan utuh.

tidak benar gaji tenaga kesehatan dipotong 50 persen
istimewa

"Gaji Nakes dipotong 50%
Sementara gaji stafsus Presiden milenials dan BPIP yg sepertinya tdk kerja utuh apapun tetap utuh."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Kemenkeu: Besaran Insentif Tenaga Kesehatan di 2021 Sama Seperti di 2020" pada 4 Februari 2021, dijelaskan bahwa haji tenaga kesehatan tidak banyak berubah.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani, menegaskan sampai saat ini pemerintah belum mengubah kebijakan mengenai insentif tenaga kesehatan untuk 2021. Insentif yang berlaku tetap sama dengan yang diberlakukan pada 2020.

"Kami tegaskan di 2021 yang baru berjalan dua bulan ini, bahwa insentif untuk tenaga kesehatan diberikan tetap sama dengan 2020," kata Askolani dalam konferensi pers pada Kamis (4/2).

Dia pun menjelaskan anggaran kesehatan untuk 2021 pada awalnya dialokasikan sebesar Rp167 triliun. Namun dengan perkembangan Covid-19 yang dinamis, pemerintah memperkirakan anggaran kan naik menjadi Rp254 triliun.

Adapun berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/278/2020 mengenai insentif tenaga kesehatan pada 2020, dokter spesialis mendapatkan insentif sebesar Rp15 juta, dokter umum dan gigi Rp10 juta, bidan dan perawat Rp7,5 juta, dan tenaga kesehatan lainnya Rp5 juta. Angka insentif tersebut sampai saat ini masih sama dengan tahun lalu.

Kesimpulan

Informasi gaji tenaga kesehatan dipotong 50 persen adalah tidak benar. Angka insentif gaji tenaga kesehatan sampai saat ini masih sama dengan tahun lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami