CEK FAKTA: Tidak Benar Judul Artikel Pedagang Tidak Perlu Kenal Puan Maharani

CEK FAKTA: Tidak Benar Judul Artikel Pedagang Tidak Perlu Kenal Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani. ©dpr.go.id/Eno/Man
CEK-FAKTA | 27 Juli 2022 11:41 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar sebuah berita terkait Ketua DPR RI Puan Maharani berbelanja ke pasar tradisional. Artikel tersebut berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" Tertera tanggal publikasinya 28 April 2022.

Penelusuran

Hasil penelusuran, klaim judul artikel "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" adalah hasil editan dari berita aslinya.

Artikel asli dari laman gelora.co berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar, Pedagang: Siapa Namanya, Nggak Tahu..." diunggah tanggal 28 April 2022.

Artikel tersebut menjelaskan Ketua DPR RI Puan Maharani datang ke Pasar Jungke, Kelurahan Jungke Kecamatan/Kabupaten Karanganyar, Rabu (27/4/2022).

Puan Maharani menyempatkan membeli bahan makanan dan membagikan kaos kepada pedagang Pasar Jungke.

Tumiyatun pedagang sapi di Pasar Jungke Karanganyar mengatakan, Puan Maharani membeli daging sapi dagangannya seberat 5 kilogram.

"Tadi Bu Dewan, siapa namanya nggak tahu. Belanja daging 5 kilo, per kilogram Rp 135 ribu, bayarnya Rp 800 ribu," kata kata Tumiyatun, Rabu (27/4/2022), dilansir detikcom.

Total belanja Puan untuk 5 Kg daging sapi seharusnya Rp 675 ribu, namun dia memberikan lebih Rp 800 ribu.

Sementara itu, pedagang Bakso bernama Sri Rejeki mengatakan Puan Maharani memberikan uang lebih untuknya.

Meskipun begitu, ia mengaku tak mengetahui bahwa perempuan yang membeli baksonya itu Puan Maharani. "Tadi beli bakso sapi 2 kg, bakso ayam 2 kg, per kilo Rp 40 ribu. Dikasih Rp 300 ribu, mau saya kembalikan sisanya tidak boleh," ujar dia.

Kesimpulan

Klaim judul artikel "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" adalah hasil editan dari berita aslinya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.gelora.co/2022/04/puan-belanja-daging-sapi-di-pasar.html

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini