CEK FAKTA: Tidak Benar Kabar Vaksin Gratis untuk Pemudik

CEK FAKTA: Tidak Benar Kabar Vaksin Gratis untuk Pemudik
Pemudik motor diizinkan lewati pos penyekatan di Kedungwaringin. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
CEK-FAKTA | 14 Mei 2021 11:47 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Informasi vaksin gratis untuk para pemudik beredar di media sosial Twitter. Informasi itu juga menyebutkan banyak masyarakat yang tidak bisa menahan mudik, hingga sulit dikontrol.

kabar vaksin gratis untuk pemudik
Kominfo

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Menhub Usulkan Pemudik Darat Dapat Tes Covid-19 Gratis, Bukan Vaksin" pada 11 Mei 2021, dijelaskan pemudik hanya mendapat tes Covid-19 gratis.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengklarifikasi pernyataan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang akan memberikan vaksinasi gratis untuk pelaku perjalanan darat pada masa peniadaan mudik. Dia menjelaskan, yang diberikan bukanlah vaksin gratis tetapi tes Covid-19 secara gratis.

"Bersama ini kami menyampaikan klarifikasi bahwa yang dimaksud adalah diberikan test Covid-19 secara gratis," kata Adita dalam keterangan pers, Selasa (11/5).

Pemberian tes Covid-19 bagi mereka yang melakukan jalur darat baru berupa usulan dari Budi Karya kepada Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto serta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Sementara itu, kata Adita, untuk perjalanan transportasi lain akan diberlakukan pengetatan syarat perjalanan seperti pada masa pra peniadaan mudik.

"Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang diprediksi mencapai puncak pada H+2 dan H+7 Idul Fitri 1442H/2021," bebernya.

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Gratis!" pada 16 Desember 2020, dijelaskan bahwa vaksin gratis diperuntukkan untuk semua kalangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan vaksin Covid-19 akan diberikan gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut setelah mendapatkan masukan dan kalkulasi keuangan mengenai keuangan negara.

"Dapat saya sampaikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi dalam siaran telekonference melalui chanel youtube sekretariat presiden, Rabu (16/12).

Sebab itu dia memerintah kepada seluruh jajarannya agar memprioritaskan program vaksinasi pada anggaran 2021 untuk biaya vaksinasi. Kemudian dia juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merealokasikan anggaran terkait ketersediaan vaksin.

"Saya menginstruksikan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksin gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ungkap Jokowi.

Kesimpulan

Informasi vaksin gratis untuk pemudik adalah tidak benar. Kemenhub hanya mengusulkan tes Covid-19 gratis untuk perjalanan darat, bukan vaksin. Meski begitu, vaksin memang diberikan secara gratis untuk masyarakat, bahkan sebelum musim mudik.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami