CEK FAKTA: Tidak Benar Konser Iwan Fals dalam Rangka HUT PKI

CEK FAKTA: Tidak Benar Konser Iwan Fals dalam Rangka HUT PKI
CEK-FAKTA | 23 Mei 2020 10:18 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan Iwan Fals akan menggelar konser dalam rangka ulang tahun Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 23 Mei 2020.

Informasi tersebut disebar akun Facebook Arya Kamandanu dengan mengunggah poster Iwan Fals berisi menggelar konser amal pada 23 Mei 2020.

Namun akun Facebook Arya Kamandanu menuliskan jika itu bukan konser amal Iwan Flas melainkan konser ultah PKI. Berikut keterangannya:

"Bukan konser amal
Tapi ulang tahun PKI" tulis akun Arya.

tidak benar konser iwan fals dalam rangka hut pki

©2020 Merdeka.com/ Facebook Arya Kamandanu

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim Iwan Fals akan menggelar konser perayaan ultah PKI pada 23 Mei 2020. Faktanya pada tanggal 23 Mei Iwan Fals menggelar konser amal digelar oleh Bank Mandiri dimaksudkan untuk penggalangan donasi alias amal.

Dikutip dari bankmandiri.co.id sebuah aksi sosial di tengah masa pandemi yang menggunakan media musik dan teknologi digital bertajuk “Konser Amal Bersama Mandiri”.

Sejumlah musisi papan atas yang tergabung untuk mendukung kegiatan ini adalah Iwan Fals, Raisa Adriana, Maliq & D'Essentials dan Kahitna.

Konser amal dan aksi sosial ini secara khusus bertujuan untuk menggalang donasi bagi yang terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia, sekaligus juga mendukung himbauan pemerintah untuk tetap dirumah saja.

Konser ini Tayang Berseri Secara Live di Official Youtube Bank Mandiri, di mana konser Iwan Fals diselenggarakan pada 23 Mei 2020.

Kesimpulan

Klaim Iwan Fals menyelenggarakan konser untuk perayaan HUT PKI pada 23 Mei 2020 tidak benar. Faktanya pada tanggal 23 Mei Iwan Fals menggelar konser amal digelar oleh Bank Mandiri dimaksudkan untuk penggalangan donasi alias amal yang tayang secara langsung di Official Youtube Bank Mandiri.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Baca juga:
CEK FAKTA: Tidak Benar Pemerintah Akan Terapkan Herd Immunity Sebagai Pengganti PSBB
CEK FAKTA: Hoaks Covid-19 Tak Punya Kemampuan Membunuh, Ini Faktanya
CEK FAKTA: Tidak Benar Kemenkes Liburkan Penerimaan Sample Covid-19 Selama Lebaran
CEK FAKTA: Disinformasi Video TKA China Masuk Palembang dengan APD lengkap
Cek Fakta: Disinformasi MUI Kecewa Larangan Berkumpul Hanya di Masjid
CEK FAKTA: Tidak Benar Hong Kong Perbolehkan Salat Idul Fitri di Masjid

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami