CEK FAKTA: Tidak Benar Metro TV Akui Anies Baswedan Presiden RI

CEK FAKTA: Tidak Benar Metro TV Akui Anies Baswedan Presiden RI
CEK-FAKTA | 2 Juni 2020 15:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi yang mengklaim Metro TV mengakui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Presiden RI. Informasi berawal dari sebuah artikel yang dimuat oleh situs alumni212.id yang berjudul "MetroTV "Akui" Anies Adalah Presiden RI" pada 29 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut memuat foto yang memperlihatkan Anies tengah diwawancarai pada program "SELAMAT PAGI INDONESIA" dengan keterangan "Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan baru". Berikut secara lengkap isi artikel:

Stasiun televisi nasional MetroTV 'mengakui' bahwa Anies Baswedan bukanlah Gubernur DKI Jakarta melainkan Presiden RI.

Hal tersebut terlihat dari teks headline berita berjudul "Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru" di program Selamat Pagi Indonesia.

tidak benar metro tv akui anies baswedan presiden ri

Penelusuran

Cek Fakta Merdeka.com menelusuri klaim Metro Tv mengakui Anies sebagai Presiden RI. Penelusuran dengan mengunjungi situs Youtube dengan kata kunci "presiden tinjau kesiapan kenormalan baru" hasilnya dalam YouTube metrotvnews yang berjudul Kesiapan Kenormalan Baru yang diunggah pada 26 Mei 2020.

Dalam video tersebut menjelaskan Presiden Jokowi meninjau kesiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, Presiden juga didampingi oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Mulai Selasa (26/05/2020) personel TNI-Polri akan dikerahkan di titik-titik keramaian yang ada di 4 provinsi, 25 kabupaten/kota.

tidak benar metro tv akui anies baswedan presiden ri

©2020 Merdeka.com/ youtube metrotvnews

Foto yang mengklaim Anies adalah presiden RI adalah bagian dari berita yang berisi liputan kegiatan Presiden Jokowi dalam meninjau persiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI.

tidak benar metro tv akui anies baswedan presiden ri

©2020 Merdeka.com/youtube metrotvnews

Kesimpulan

Klaim Metro TV akui Anies Baswedan sebagai presiden RI adalah salah. Faktanya foto Anies dengan headline "PRESIDEN TINJAU KESIAPAN KENORMALAN BARU" bagian dari berita Presiden Jokowi saat meninjau persiapan kenormalan baru di Stasiun MRT bersama Gubernur Anies Baswedan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami