CEK FAKTA: Tidak Benar Pabrik Esemka Pecat dan Potong Gaji Karyawannya

CEK FAKTA: Tidak Benar Pabrik Esemka Pecat dan Potong Gaji Karyawannya
CEK-FAKTA | 10 Agustus 2020 14:08 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar kabar jika pabrik pablik mobil Esemka memecat dan memotong gaji karyawannya. Kabar tersebut diunggah akun Facebook Fhirly Quickinterior Batam.

Berikut bunyi narasinya:

"Maaf mau nanya,Apa bener pabrik ESEMKA pecat dan potong gaji karyawan nya??."

tidak benar esemka pecat karyawannya

Facebook

Penelusuran

Cek Fakta Merdeka.com menelusuri klaim pabrik mobil Esemka memecat dan tak memberi gaji karyawannya. Dilansir dari Liputan6.com berjudul "Heboh Kabar Produsen Esemka Potong Gaji dan Pecat Pegawai di Tengah Pandemi, Ini Faktanya" PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil Esemka menegaskan, tidak pernah memangkas jumlah karyawannya saat pademi Covid-19.

Humas PT Esemka Sabar Budhi mengatakan, kosongnya area pabrik dikarenakan manajemen tengah menerapkan sistem piket bergilir sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan tim gugus percepatan penanganan Covid 19.

Pernyataan di atas, kata dia, menjawab kabar beredar, yang menyatakan bahwa sejumlah karyawan pabrik Esemka dirumahkan dan dipotong gajinya. Hal tersebut dianggap meresahkan.

"Berita tentang pemangkasan karyawan dan pemotongan gaji yang dilakukan manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi tidak benar. Ketidakkehadiran karyawan di area pabrik dikarenakan kami menerapkan protokol kesehatan, bukan sedang melakukan pengurangan tenaga kerja," ujar Sabar Budhi dalam siaran persnya, Rabu (5/8/2020).

Budhi menyatakan perusahaan juga tetap melaksanakan kewajiban kepada karyawan sesuai aturan yang berlaku.

"Semuanya berlaku seperti biasa. Tak ada pemotongan apa pun. Hingga saat ini manajemen memang masih menerapkan sistem piket dengan melakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap fasilitas dan peralatan produksi secara berkala," katanya.

Sementara bagi para karyawan yang tetap bekerja, pihaknya pun menjalankan aturan kesehatan yang ketat seperti wajib menggunakan masker dan sarung tangan sesuai anjuran tim penanggulangan Covid 19.

Dia menambahkan produksi pun berjalan dengan normal. "Semua karyawan harus mematuhi protokol kesehatan selama di area pabrik," tutur dia.

Kesimpulan

Klaim pabrik mobil Esemka memecat dan tak memberi gaji karyawannya tidak benar. Berdasarkan keterangan dari Humas PT Esemka Sabar Budhi mengatakan, kosongnya area pabrik dikarenakan manajemen tengah menerapkan sistem piket bergilir sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan tim gugus percepatan penanganan Covid 19.

Perusahaan juga tetap melaksanakan kewajiban kepada karyawan sesuai aturan yang berlaku tidak ada pemotongan apa pun.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami