CEK FAKTA: Tidak Benar Pasien Kanker Lempar Uang di Rumah Sakit Karena Putus Asa

CEK FAKTA: Tidak Benar Pasien Kanker Lempar Uang di Rumah Sakit Karena Putus Asa
CEK-FAKTA | 10 Juni 2020 15:48 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar foto-foto uang berserakan di sebuah tempat diduga rumah sakit. Foto ini disebut-sebut dilakukan oleh seorang pasien kanker yang frustasi karena tak kunjung sembuh. Foto beredar di media sosial Facebook.

unggahan pengguna facebook tentang pasien kanker lempar uang di rumah sakit

Facebook

"KETIKA HARTA BUKANLAH SEGALANYA
Foto ini diambil dirumah sakit Harbin (Tiongkok), seorang pasien kanker membawa tas penuh uang meminta dokter menyelamatkan hidupnya dan dia punya banyak uang untuk membayarnya.
Tapi dokter bilang dia tak bisa melakukan apapun karena kankernya sudah stadium akhir.
Dia begitu marah dan frustasi sehingga ia melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit.
Sambil berteriak: "Apa gunanya memiliki uang ..!!! Apa gunanya memiliki uang..!!! Uang tidak dapat memiliki kesehatan, uang tidak dapat membeli waktu, uang tidak dapat membeli kehidupan..!!!"
Sungguh pelajaran bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan, beramal kebaikan demi bekal menuju akhirat dan berdoa supaya umur kita bermanfaat meskipun pendek ataupun panjang."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto uang bertebaran karena pasien kanker putus asa adalah tidak benar. Dalam artikel Tempo.co berjudul "[Fakta atau Hoaks] Benarkah Ini Foto Uang yang Dibuang Pasien Kanker Karena Frustasi Tak Bisa Sembuh?" pada 10 Juni 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut tidak terkait dengan pasien kanker.

Untuk memverifikasi klaim tersebut, Tim CekFakta Tempo menelusuri foto-foto itu dengan reverse image tool Source, Google, Yandex, dan TinEye. Hasilnya, ditemukan bahwa peristiwa dalam foto-foto di atas memang terjadi di sebuah rumah sakit di Harbin, Cina. Namun, pemilik uang tersebut bukanlah pasien kanker. Foto-foto ini juga telah beredar di internet sejak 2014.

Salah satu situs yang pernah memuat foto-foto tersebut adalah situs News.qq.com, yakni pada 5 Juli 2014. Foto-foto itu terdapat dalam sebuah artikel yang ditulis dalam bahasa Tionghoa yang jika diterjemahkan berbunyi "Pria dengan jutaan uang tunai menghancurkan kekasihnya".

Ada empat foto yang dimuat dalam artikel tersebut. Menurut artikel ini, yang mengutip keterangan dari seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin II, peristiwa itu terjadi pada 3 Juli 2014 di koridor ruang gawat darurat Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin I.

Menurut pihak rumah sakit yang diwawancarai wartawan, peristiwa tersebut melibatkan seorang perawat wanita yang bertengkar dengan seorang pria karena masalah pribadi. Walaupun banyak uang yang berserakan di lantai, tidak ada insiden perebutan uang.

Kemudian dalam artikel Shanghaiist berjudul "LIHAT: Pria melempar 1 juta RMB pada mantan pacarnya saat Bertengkar di rumah sakit" pada Mei 2018, juga dijelaskan tentang hal yang sama.

"Sebuah foto seorang pria yang melemparkan 1 juta RMB pada mantan pacarnya saat bertengkar di rumah sakit Harbin beredar di Weibo.
Pada sore hari tanggal 3 Juli, seorang pria yang sudah menikah dilaporkan melemparkan uang tunai sebesar 1 juta RMB kepada mantan pacarnya, seorang perawat di rumah sakit, karena ia menerima mobil BMW baru dari pacarnya yang sekarang."

Kesimpulan

Foto uang-uang yang bertebaran di sebuah rumah sakit karena pasien kanker putus asa adalah tidak benar. Foto tersebut diambil saat seorang pria menghamburkan uang setelah bertengkar dengan pacarnya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami