CEK FAKTA: Tidak Benar Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat

CEK FAKTA: Tidak Benar Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat
ilustrasi pasta gigi. ©www.diyhealthremedy.com
CEK-FAKTA | 5 Juli 2022 16:35 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial yang menyebutkan jika pasta gigi bisa mengatasi masalah jerawat. Klaim tersebut berdasarkan cerita seseorang yang mengatakan jika wajahnya tidak pernah timbul jerawat hanya dengan menggunakan pasta gigi.

"Lagi heboh nih.. Mbaknya hanya cuci muka pakai pespodent aja katanya
Apa ga gerih itu muka Mbaknya," narasi dalam unggahannya.

cek fakta tidak benar pasta gigi bisa menghilangkan jerawat
©Istimewa

Penelusuran

Setelah ditelusuri, menghilangkan jerawat menggunakan pasta gigi berbahaya untuk wajah. Dilansir dari detik.com, Pakar dermatologi meminta agar penggunaan pasta gigi untuk membersihkan jerawat tak lagi dilakukan. Bukannya bikin kulit cerah, penggunaan pasta gigi untuk bersihkan jerawat malah rentan menimbulkan iritasi.

dr Douglas Altchek mengatakan jerawat memang sangat mungkin mengecil jika dioleskan pasta gigi. Namun efek sampingnya lebih berat, yakni risiko iritasi, infeksi bakteri hingga muncul jerawat lain yang lebih banyak.

"Penggunaan pasta gigi untuk mengatasi jerawat memang mudah dan murah, tapi yang tidak kita ketahui, setiap pasta gigi terdiri dari banyak bahan berbeda," ungkap Altchek, dikutip dari Daily Mail.

Pasta gigi mengandung hidrogen peroksida dan baking soda yang memang bisa membuat jerawat mengecil karena kering. Hanya saja konsentrasi dua zat tersebut di pasta gigi sangat besar, dan berbahaya bagi wajah.

Sebagian pasta gigi juga mengandung menthol yang jika terpapar ke kulit bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. Kandungan esseential oil pada pasta gigi juga bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga jerawat yang muncul lebih banyak.

Satu lagi, pasta gigi sangat rentan terpapar bakteri di kamar mandi. Mengusapkan pasta gigi bisa saja membuat infeksi bakteri terjadi di wajah.

"Pasta gigi mungkin bisa bermanfaat bagi 1 dari 100 orang. Daripada meningkatkan risiko, lebih baik menggunakan obat yang sudah diresepkan oleh dokter," tutupnya.

Sementara itu, dilansir dari situs kesehatan klikdokter, pasta gigi diformulasikan khusus untuk gigi, bukan untuk kulit wajah. Bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam pasta gigi aman untuk gigi Anda. Namun, bahan-bahan tersebut sesungguhnya bisa menyebabkan iritasi di kulit wajah.

Tak hanya menyebabkan iritasi, bagi orang yang memiliki kulit sensitif dan kering, penggunaan pasta gigi di kulit dapat membuat kulit tambah kering.

Kulit yang terlalu kering dapat merangsang produksi kelenjar minyak, dan malah bisa mengakibatkan jerawat bertambah banyak.

Kesimpulan

Pasta gigi diklaim bisa mengobati jerawat adalah tidak benar. Faktanya pasta gigi diformulasikan khusus untuk gigi, bukan untuk kulit wajah. Bahan- bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi di kulit wajah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4061255/ini-bahayanya-gunakan-odol-untuk-jerawat-di-wajah
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636164/atasi-jerawat-dengan-pasta-gigi-efektifkah

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini