CEK FAKTA: Tidak Benar Pidato Jokowi Sebut Negara Tak Pernah Berhutang

CEK FAKTA: Tidak Benar Pidato Jokowi Sebut Negara Tak Pernah Berhutang
CEK-FAKTA | 11 Agustus 2020 17:03 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar sebuah judul berita terkait pidato Presiden Jokowi yang menyebutkan negara tidak perlu berhutang tapi melakukan pinjaman luar negeri di media sosial.

Foto tangkapan layar artikel berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang, Hanya Melakukan Pinjaman Dari Luar Negeri". Artikel tayang pada 31 Maret 2020 pukul 16.27 WIB, itu seolah dimuat Kompas.com.

tidak benar pidato jokowi sebut negara tak pernah berhutang

©2020 Liputan6.com

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim pidato Presiden Jokowi negara tidak perlu berhutang tapi melakukan pinjaman luar negeri yang dimuat Kompas.com.

Pencarian pada kolom indeks Kompas.com tidak ditemukan judul artikel seperti yang diklaim. Namun, ditemukan artikel foto dan waktu yang identik. Artikel itu berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit." Dimuat pada 31 Maret 2020 pukul 16:27 WIB.

tidak benar pidato jokowi sebut negara tak pernah berhutang

Tangkapan layar kompas.com

Artikel tersebut berisi Presiden Jokowi telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam rangka menangani kondisi tersebut. Demi mengatasi dampak wabah Covid-19, pemerintah pun telah memutuskan untuk menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masyarakat, bukan karantina wilayah.

Selain itu, pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah. Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.

Kesimpulan

Klaim pidato Presiden Jokowi yang dimuat Kompas.com berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang, Hanya Melakukan Pinjaman Dari Luar Negeri" adalah hasil suntingan atau editan.

Faktanya judul asli artikel tersebut adalah "Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit" dimuat pada 31 Maret 2020 pukul 16:27 WIB.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami