CEK FAKTA: Tidak Benar Presiden Jokowi Disebut Raja Utang

CEK FAKTA: Tidak Benar Presiden Jokowi Disebut Raja Utang
CEK-FAKTA | 4 Agustus 2020 16:39 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan seorang pemimpin negara di media sosial. Dalam foto yang diklaim sebagai Raja Arab menyebut Presiden Jokowi sebagai raja utang.

Foto yang diunggah oleh salah satu akun Facebook, keduanya tampak saling duduk dan berbincang di dalam suatu ruangan. Dalam foto tersebut bernarasi:

Apa Kabar Raja Arab

Baik-2 Aja Raja Utang

tidak benar jokowi disebut raja utang

©2020 Liputan6.com

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim Raja Arab menyebut Presiden Jokowi sebagai raja utang.

Hasil penelusuran ditemukan foto indentik seperti yang diklaim. Seperti yang dimuat di situs Detik.com berjudul "Presiden Jokowi Tiba di Abu Dhabi Langsung Akan Teken Kerja Sama Bilateral" pada 13 September 2015.

Dalam artikel tersebut Presiden Jokowi datang ke Abu Dhabi,Persatuan Emirat Arab (PEA) dan langsung disambut oleh Putera Mahkota PEA DI Bandara Internasional Abu Dhabi.

tidak benar jokowi disebut raja utang

tangkapan layar detik.com

Setelah itu Putera Mahkota PEA mengajak Jokowi menuju Ruang Majelis I yang terletak di kompleks bandara. Di ruang itu Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah PEA.

Kesimpulan

Klaim Raja Arab menyebut Presiden Jokowi sebagai raja utang adalah tidak benar, hasil suntingan dan ditambahkan narasi tidak sesuai fakta.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami