CEK FAKTA: Tidak Benar RUU HIP Disahkan Malam Hari

CEK FAKTA: Tidak Benar RUU HIP Disahkan Malam Hari
CEK-FAKTA | 9 Juli 2020 17:12 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Informasi pengesahan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dilakukan tengah malam beredar di media sosial Facebook. Tak hanya itu saja, foto saat kerusuhan tengah malam dengan narasi "RUU HIP DISAHKAN TENGAH MALAM" juga ikut beredar.

hoaks ruu hip disahkan malam hari

Facebook

"Bila rezim berhaluan faham komunis saat ini tetap ngotot mengesahkan RUU HIP dan TIDAK MEMBATALKANNYA
maka !!!
SERUAN jihad MUI berlaku (wajib)
Wahai saudara muslim ku
Akankah mengabaikan maklumat MUI
Bissmillah !!!"

Penelusuran

Klaim foto kerusuhan saat RUU HIP disahkan tengah malam:

Dalam artikel turnbackhoax, dijelaskan bahwa foto tersebut tidak ada kaitannya dengan kerusuhan di Indonesia. Berdasarkan pemberitaan dari abcnews.go.com, gambar asli adalah salah satu aksi kerusuhan di jalanan akibat situasi politik di Catalonia, Barcelona, Spanyol pada pada 18/10/2019 silam.

foto kerusuhan di barcelona

abcnews

Foto tersebut dimuat abcnews berjudul "Violent protests continue in Barcelona after Catalan leaders sentenced for independence push" pada 20 Oktober 2019.

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "Bertemu Pimpinan MPR, Jokowi Sebut Pemerintah Masih Kaji RUU HIP" pada 8 Juli 2020, dijelaskan bahwa hingga saat ini RUU HIP masih dalam kajian.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan dalam pertemuan itu Presiden Jokowi menegaskan pemerintah masih melakukan kajian terhadap RUU HIP.

"Kami menanyakan posisi pemerintah dan secara tegas Presiden menyampaikan bahwa sampai saat ini pemerintah masih melakukan kajian berdasarkan masukan-masukan masyarakat dan meminta Pak Menko Polhukam untuk melaksanakan hal itu," kata Bambang usai bertemu Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/7).

Pengesahan RUU HIP juga ditunda karena beberapa alasan. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Ini Alasan Pemerintah Tunda RUU HIP Menurut Menko Polhukam Mahfud MD" pada 7 Juli 2020, dijelaskan dua poin alasan penundaan RUU HIP.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, ada dua poin yang akhirnya membuat pemerintah mengambil keputusan untuk menolak. Pertama, pemerintah mendengarkan dan sependapat dengan suara masyarakat.

"Ya karena secara prinsip pemerintah sependapat dengan suara-suara organisasi keagamaan, suara masyarakat, bahwa tidak boleh ada peluang bagi upaya meminimalisir peran TAP MPRS No 25 tahun 66, artinya bagi pemerintah TAP MPRS No 25 tahun 66 itu adalah satu pedoman kalau kita mau membuat peraturan untuk itu. Oleh sebab itu, kalau tidak ada itu pemerintah menolak. Itu satu," tegasnya," katanya dalam video berdurasi 2 menit 54 detik, Selasa (7/7).

Poin kedua, katanya, bahwa pemerintah berpegang dengan nilai-nilai Pancasila.

"Yang kedua sama pandangannya dengan masyarakat, bahwa Pancasila itu adalah Pancasila yang disahkan tanggal 18 Agustus. Di luar itu adalah sejarah, piagam Jakarta sejarah, 1 Juni sejarah, 29 Mei sejarah, 30 Juni sejarah. Kan semua bicara tentang dasarnya. Itu semua sejarah. Tidak usah dinorma kan. Sudah terumus dengan baik di dalam tanggal 18 Agustus itu dengan segala kesepakatannya," jelasnya.

Menurutnya, dari dua poin itu akhirnya ditunda. Bahkan, lanjutnya, secara garis besar tak ada yang menentang ideologi Pancasila namun hanya ditingkatkan menjadi peraturan yang jelas.

Kesimpulan

Foto kerusuhan karena RUU HIP disahkan malam hari adalah hoaks. Foto tersebut diambil saat kerusuhan di Barcelona tahun 2019 lalu, dan hingga saat ini belum ada pengesahan RUU HIP.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami