CEK FAKTA: Tidak Benar, Setelah Berganti Nama Facebook Bebas Ambil Data Penggunanya

CEK FAKTA: Tidak Benar, Setelah Berganti Nama Facebook Bebas Ambil Data Penggunanya
Facebook resmi berganti nama jadi Meta. ©REUTERS/Carlos Barria
CEK-FAKTA | 19 November 2021 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah unggahan menuliskan setelah berganti nama menjadi Meta, Facebook bebas mengambil foto dan video akun penggunanya. Informasi itu beredar di media sosial.

hoaks facebook bebas akses data pengguna
turnbackhoax

"Peraturan baru Facebook/Meta akan mulai diberlakukan besok di mana mereka memiliki kebebasan untuk menggunakan foto anda. Jangan lupa bahwa batas akhirnya adalah hari ini! Ini dapat digunakan menjadi sengketa hukum melawan anda"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah hoaks.

Mengutip pengaturan Facebook, dijelaskan hanya pemilik akun Facebook yang bisa mengatur dan mengontrol data-data di akunnya melalui fitur Pemeriksaan Privasi yang disediakan oleh Facebook.

"Kami tidak menjual data pribadi Anda kepada pengiklan, dan kami tidak membagikan informasi yang dapat mengidentifikasi Anda secara langsung (seperti nama Anda, alamat email, atau informasi kontak lainnya) kepada pengiklan, kecuali jika Anda memberikan izinnya secara khusus kepada kami"

"Anda juga dapat membuka pengaturan kapan saja untuk meninjau pilihan privasi Anda mengenai cara penggunaan data."

Kesimpulan

Informasi Facebook bebas menggunakan data pribadi penggunanya setelah berganti nama adalah hoaks. Hanya pengguna Facebook yang bisa mengakses data pribadi mereka.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami