CEK FAKTA: Tidak Benar Video Ini Merupakan Acara Doa Perpisahan Ratu Elizabeth II

CEK FAKTA: Tidak Benar Video Ini Merupakan Acara Doa Perpisahan Ratu Elizabeth II
Pangeran William dan Pengeran Harry jaga peti mati Ratu Elizabeth II. ©AFP/Pool
CEK-FAKTA | 22 September 2022 11:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Beredar sebuah video di media sosial yang disebut sebagai bagian dari acara doa perpisahan untuk Ratu Elizabeth II. Video itu diunggah oleh salah satu akun Facebook pada 12 September.

Video tersebut memperlihatkan sejumlah anak yang tampil di atas panggung seperti kelompok paduan suara dan diklaim sedang membawakan seloka Bhagavad Gita.

Narasi yang dibagikan ialah, “Doa perpisahan Ratu Elizabeth II dengan di iringi lantunan sloka Bhagavad Gita.”

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan memindai salah satu scene video menggunakan Google Images. Hasilnya didapati beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Salah satunya ialah artikel di thequint.com berjudul "2009 Video Shared as Children Reciting 'Shlokas' at Queen Elizabeth II's Funeral" yang dimuat pada 11 September 2022.

Artikel itu menyebut bahwa video tersebut merupakan moment ketika anak-anak membaca Shlokas di Commonwealth Games (CWG) The Queens Baton Relay 2010, yang diadakan pada 29 Oktober 2009 di Istana Buckingham, London.

Melalui tautan yang tertera pada video itu, yakni www.wildfilmsindia.com, diketahui kanal YouTube Wild Films India juga pernah mengunggahnya pada 22 Mei 2019 dengan judul, "Siswa St James School Choir melafalkan shlokas di Istana Buckingham."

Wild Films India dalam deskripsinya menuliskan,
"The St James School Choir membacakan puisi spiritual yang disebut shlokas di Istana Buckingham selama CWG Queen Baton 2010."

Sementara itu dilansir dari laporan The Times of India, siswa tersebut membacakan ayat-ayat Sansekerta dari Rig Veda kuno.

Kesimpulan

Video yang beredar dan dinarasikan sebagai acara doa perpisahan Ratu Elizabeth II adalah tidak benar. Faktanya, video itu merupakan pembacaan puisi Shlokas di Istana Buckingham, London tahun 2009.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5075119/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-doa-perpisahan-untuk-mendiang-ratu-elizabeth-ii

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini