CEK FAKTA: Tidak Benar Video Jokowi, Megawati, Ganjar dan Risma Goyang Corona

CEK FAKTA: Tidak Benar Video Jokowi, Megawati, Ganjar dan Risma Goyang Corona
CEK-FAKTA | 10 Juli 2020 11:42 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar sebuah video Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang diklaim sedang melakukan goyang Corona (Covid-19).

tidak benar video jokowi megawati ganjar dan risma goyang corona

©2020 Liputan6.com

Video tersebut diunggah akun Facebook Lestari, menampilkan Jokowi, Megawati Risma dan Ganjar sedang bergoyang. Dengan narasi sebagai berikut:

Didemo rakyat, KETUA WAKIL RAKYAT DAN EMAKNYA ngga berani mongol.. malah GOYANG CORONA

Tapi biarkan saja..itung itung pesta dulu sebelum mereka DIBUBARKAN.

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri video Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini yang diklaim sedang goyang corona.

Dilansir dari Liputan6.com, gambar tangkapan layar dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Penelusuran Video Megawati

Hasil penelusuran mengarah pada Facebook Bu Mega Bercerita, akun tersebut mengunggah video yang identik, pada 23 Januari 2020 sebelum pemerintah mengumumkan adanya pasien terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19) pertama di Indonesia, pada 2 Maret 2020.

Unggahan video tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Bersyukur adalah kunci bahagia, dan berbahagia

adalah cara terindah untuk kita bersyukur...

#BuMegaBercerita

#UltahBuMega

#Repost from @puanmaharaniri...

Bersyukur dan bergembira di hari ulang tahun ..

Sehat selalu Mom .. Love U so much .."

Penelusuran kemudian dilanjutkan untuk menambah keterangan video tersebut dengan Google Search menggunakan kata kunci 'Megawati menari'. Namun tidak ditemukan artikel atau keterangan yang terkait dengan video tersebut.

Penelusuran Video Risma

Penelusuran mengarah pada chanel Youtube resmi detikcom. Akun Youtube tersebut menunggah video yang identik dengan video klaim.

Video yang dimuat, pada 12 Oktober 2017 diberi judul sebagai berikut:

"Cucok!! Aksi Wali Kota Risma Joget Gemu Fa Mi Re"

Dengan keterangan sebagai berikut:

"Ribuan pegawai Pemerintah Kota Surabaya joget Gemu Fa Mi Re di Balai Kota Surabaya. Aksi ini juga diikuti Wali Kota Tri Rismaharini. Ini salah satu cara unik yang dilakukan Pemkot Surabaya memperingati HUT ke-72 Provinsi Jatim.

Ayo tonton dan sebarkan!"

Penelusuran Video Ganjar

Penelusuran mengarah pada akun Youtube NEXT Communication, pada 5 November 2014.

Akun Youtube tersebut menayangkan Ganjar sedang menjawab tantangan untuk bergoyang dengan diiringi musik dangdut.

Unggahan tersebut diberi judul sebagai berikut:

"Pak Ganjar Pranowo ber-dangdut ria"

Dengan keterangan sebagai berikut:

"Pak Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah memenuhi tantangan ber-goyang dangdut #ILIKEDANGDUT dan berdonasi tujuan nya untuk pembangunan sekolah yang rusak.

Pak Ganjar TOP !"

Penelusuran Video Jokowi

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Trending, YouTuber Cantik Unggah Video Cover Dance Goyang Gayung Ala Jokowi" yang dimuat situs plus.kapanlagi.com, pada 28 Agustus 2018. Dalam artikel tersebut terdapat foto Jokowi yang identik dengan klaim video.

Artikel tersebut menjelaskan, dalam foto tersebut Presiden Jokowi sedang melakukan goyang dayung ketika pedangdut Via Vallen sedang menyanyikan lagu Meraih Bintang yang menjadi salah satu theme song Asian Games 2018, dalam pembukaan Pesta olahraga Asian Games 2018 yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno tanggal 18 Agustus 2018.

Kesimpulan

Klaim video Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini yang sedang goyang corona keliru. Video yang menunjukkan keempatnya sedang bergoyang adalah video lama yang diambil sebelum pandemi corona Covid-19 melanda Indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami