CEK FAKTA: Tidak Benar Video Meteor Jatuh di Tanjung Bumi Bangkalan

CEK FAKTA: Tidak Benar Video Meteor Jatuh di Tanjung Bumi Bangkalan
Hujan Meteor Eta Aquarids. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com
CEK-FAKTA | 13 Mei 2022 12:06 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Video dengan narasi meteor jatuh di lapangan Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura, beredar di media sosial. Video tersebut memperlihatkan warga tengah menyaksikan titik api di lapangan.

Dalam video terdengar suara warga yang merekam peristiwa tersebut. "Meteor datang. Kan saat itu tiba-tiba langsung bunyi bluss. ya orang pada ngejit semua…" kata seorang warga dalam video tersebut.

Sedangkan dalam video terdapat keterangan, sebagai berikut:

"Informasi dari Masyarakat setempat di Tanjung Bumi Bangkalan... Ada sebongkah Meteor jatuh di Lapangan Desa Tanjung Bumi Bangkalan... Tidak diketahui jatuhnya pukul berapa malam ini... 👈🏻"

tidak benar video meteor jatuh di tanjung bumi bangkalan
©Twitter

Penelusuran

Hasil penelusuran, titik api dalam video tersebut bukanlah meteor jatuh, melainkan balon udara. Dikutip dari Tempo.co, video tersebut bersumber dari akun TikTok @abdwahed103 yang diunggah dengan narasi,
"lampu padam akibat balon api#tanjung bumi bangkalan."

Video versi TikTok ini memiliki durasi yang lebih panjang yakni 56 detik. Video ini juga memperlihatkan keterangan yang lebih panjang dari seorang warga yang diwawancara.

"Meteor datang. kan saat itu tiba-tiba langsung bunyi bluss. Ya orang pada ngejit semua. Langsung lampu itu mendadak mati. Setelah dijeling, balon. Pelakunya orang-orang laut. Biasanya ya mur batu atau dimana. Gedung pegunungan lah."

Video lainnya dengan durasi yang lebih panjang yakni 2 menit 58 detik pernah diunggah ke Youtube oleh kanal wahed2021 pada 5 Mei 2022 dengan judul, "lampu PLN padam akibat balon api raksasa."

Video ini memperlihatkan sejumlah warga menarik sebuah balon udara yang jatuh di tengah lapangan. Beberapa saat kemudian sejumlah warga lainnya mulai mendatangi lokasi jatuhnya balon udara.

Sementara itu, dikutip dari Suarajatim.id, pada 4 Mei 2022, sejumlah warga terekam video saat menerbangkan balon api bertulis Rusia. Diketahui, lokasi video tersebut berada di Madura, Jawa Timur.

Dalam video terlihat warga berkerumun di sebuah lokasi seperti lapangan. Warga yang berkerumun di bawah pun bersorak saat balon tersebut terbang semakin tinggi.

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai meteor jatuh di lapangan Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura adalah keliru. Faktanya, titik api dalam video tersebut bukanlah meteor jatuh, melainkan balon udara.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.tiktok.com/@abdwahed103/video/7093505838551239938
https://www.youtube.com/watch?v=XM6QlKZYNTM
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1712/keliru-video-meteor-jatuh-di-lapangan-tanjung-bumi-bangkalan

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini