CEK FAKTA: Video Perahu Dihantam Ombak Bukan di Pantai Pangandaran

CEK FAKTA: Video Perahu Dihantam Ombak Bukan di Pantai Pangandaran
Video Perahu Dihantam Ombak Bukan di Pantai Pengandaran. merdeka.com/istimewa
CEK-FAKTA | 11 Mei 2022 13:25 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar video yang memperlihatkan sebuah perahu nelayan tersapu ombak saat hendak berlayar ke tengah lautan. Peristiwa ini diklaim terjadi di pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Dalam video berdurasi 29 detik, terlihat perahu yang berisi beberapa orang tersebut terbalik saat ombak besar menghantam.

"kejadian tak tertuda ombak besar hantam kapal yang sedang berwisata di pantai pangandaran#fypシ #xyzbca #pangandaran #pantaipangandaran," narasi dalam video tersebut.

video perahu dihantam ombak bukan di pantai pengandaran

Penelusuran

Dilansir dari laporan Jabar Saber Hoaks, setelah dilakukan penelusuran, video tersebut faktanya terjadi di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa barat.

Video identik diunggah akun YouTube KompasTV berjudul "Perahu yang Membawa 20 Nelayan Terbalik," yang diunggah pada 14 Juli 2021. Video berdurasi 2 menit 13 detik juga menampilkan perahu kayu berisi beberapa orang terbalik saat ombak besar menghantam.

video perahu dihantam ombak bukan di pantai pengandaran
YouTube KompasTV

Disebutkan, perahu nelayan di Kabupaten Sukabumi, disapu gelombang yang tinggi hingga terbalik saat membawa 20 orang nelayan. Kejadian tersebut terekam kamera ponsel warga dan viral di media sosial.

Viral di media sosial sebuah video amatir warga yang merekam sebuah perahu nelayan berusaha menerjang ombak, namun terbalik disapu gelombang tinggi di perairan Palabuhanratu. Kejadian tersebut terjadi di Kampung Pajagan, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Saat itu perahu nelayan tersebut mengangut 20 orang nelayan, akan berangkat melaut mencari ikan. Saat tidak terlalu jauh dari bibir pantai, gelombang tinggi menghantam perahu tersebut hingga terbalik. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena seluruh nelayan berhasil menyelamatkan diri, namun perahu tersebut mengalami kerusakan.

Berdasarkan saksi mata, saat itu cuaca di perairan Palabuhanratu mengalami gelombang tinggi bahkan di hari yang sama ada dua perahu nelayan yang rusak. Pertama perahu yang bersandar mengalami kerusakan dibagian jangkar karena terhantam ombak, yang kedua adalah perahu yang tersapu gelombang.

Kesimpulan

Video perahu tersapu ombak saat hendak berlayar ke tengah lautan bukan terjadi di Pantai Pangandaran. Peristiwa tersebut terjadi di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa barat, pada tahun 2021 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=MzyY0CwE0J0
https://www.instagram.com/p/CdYARwFrqpA/

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini