CEK FAKTA: Waspada Akun Palsu Sosial Media BCA

CEK FAKTA: Waspada Akun Palsu Sosial Media BCA
CEK-FAKTA | 10 Agustus 2020 11:21 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar akun media sosial mengatasnakan Bank Central Asia (BCA). Salah satunya akun Instagram @goodlifenca__ kerap mengirim pesan melalui direct message (DM) dan mengakui sebagai pusat layanan BCA.

Berikut ini isi direct message (DMI) yang mengakui sebagai pusat layanan BCA:

Selamat pagi, kami dari pusat layanan BCA. Silahkan DM kami jika ada memiliki keluhan. Terima kasih.

akun palsu sosial media bca

Penelusuran

Cek Fakta Merdeka.com menelusuri klaim akun-akun sosial media BCA kerap mengirim pesan melalui DM dan mengakui sebagai pusat layanan BCA.

Pihak Bank Central Asia (BCA) melalui website resminya bca.co.id, menyatakan banyak sekali akun-akun palsu BCA beredar di Instagram dan Twitter. Hal tersebut merupakan modus baru penipuan.

Sementara itu akun resmi BCA @goodlifeBCA merupakan akun verified account yang bercentang biru. Tidak mem-follow akun-akun lain selain akun bisnis atau akun berhubungan langsung dengan bisnis BCA. Tidak melakukan Direct Message (DM) terlebih dahulu untuk menawarkan solusi layanan BCA ke user media social.

Untuk akun Twitter resmi BCA, @bankbca, @XpresiBCA, @kartukreditBCA, @goodlifebca dan @haloBCA.

Perlu diketahui bahwa Bank BCA tidak akan meminta data pribadi perbankan. Jaga selalu kerahasiaan nomor kartu ATM, kode OTP, PIN, nomor CVV kartu kredit, dan data perbankan lainnya untuk tidak diberikan kepada siapapun bahkan ke petugas bank sekalipun.

Kesimpulan

Klaim akun-akun sosial media BCA kerap mengirim pesan melalui DM dan mengakui sebagai pusat layanan BCA adalah akun palsu.

Faktanya, akun Instagram resmi BCA @goodlifeBCA sudah terverified yang bercentang biru. Kemudian tidak melakukan Direct Message (DM) terlebih dahulu untuk menawarkan solusi layanan BCA ke user media social.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami