CEK FAKTA: Waspada Aplikasi Palsu MyPertamina

CEK FAKTA: Waspada Aplikasi Palsu MyPertamina
CEK FAKTA: Waspada Aplikasi Palsu MyPertamina. ©2022 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 5 Juli 2022 14:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar link yang mengaku digunakan untuk mengunduh MyPertamina, salah satunya https://apkboat.com/en/my-pertamina-app. Jika link tersebut diklik harus mengisi data pribadi terlebih dahulu.

Pertamina melalui akun Instagram @mypertamina, memastikan jika link tersebut bukan link resmi MyPertamina. Aplikasi resmi MyPertamina download dan install dari Google Play Store dan App Store.

"Sob, ada hal penting yang harus kamu ketahui nih, kalau saat ini beredar aplikasi tidak resmi MyPertamina.

Aplikasi MyPertamina yang RESMI hanya bisa kamu download dan install dari GOOGLE PLAY STORE dan APP STORE. Selain dari itu, dapat dipastikan kalau itu aplikasi TIDAK RESMI ya. Jangan sampai salah ya sob!

#MyPertamina #Call135 #SubsidiTepatSasaran," tulis akun Instagram @mypertamina.

cek fakta waspada aplikasi palsu mypertamina
©aplikasi mypertamina palsu (kiri) aplikasi mypertamina (kanan)

Sementara itu, dilansir dari merdeka.com, Pendaftaran MyPertamina telah dibuka empat hari bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai pengguna BBM Subsidi (Biosolar dan Pertalite), PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50.000 kendaraan yang sudah terdaftar.

"Sejak 1 Juli sampai hari ini, kami mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat yang telah mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id," jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, Selasa (5/7).

Saat ini, pendaftaran masih dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi. Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina.

Saat ini pengguna (user) aplikasi MyPertamina juga bertambah sebanyak 4 juta dalam waktu 4 hari dari berbagai daerah di Indonesia.

Daftar Lengkap Harga BBM Pertamina dan Shell per Juli 2022
Untuk mempermudah pendaftaran, bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone, Irto mengarahkan untuk dapat datang ke booth pendaftaran yang telah disediakan di SPBU Pertamina. Terdapat petugas yang akan membantu masyarakat mendaftar secara langsung.

"Kami melihat bahwa telah terbangun pemahaman dan kesadaran di masyarakat mengenai penyaluran BBM Subsidi untuk tepat sasaran. Saluran pendaftaran yang beragam (website, aplikasi dan di SPBU) juga telah berjalan baik," ungkapnya.

"Karenanya, pendaftaran akan diteruskan sampai seluruh masyarakat Indonesia yang berhak mendapatkan BBM Subsidi, mendaftar. Mari kita sama-sama pastikan BBM Subsidi dikonsumsi oleh masyarakat yang tepat dan berhak," tutur Irto.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/Cfakz_lLgfb/
https://www.merdeka.com/uang/pengguna-aplikasi-mypertamina-bertambah-4-juta-dan-50000-kendaraan-sudah-terdaftar.html

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini