CEK FAKTA: Waspada! Klaim Obat Diabetes Catut Nama Menkes RI

CEK FAKTA: Waspada! Klaim Obat Diabetes Catut Nama Menkes RI
Menkes Budi Gunadi Sadikin Raker dengan Komisi IX DPR. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar
CEK-FAKTA | 30 September 2022 16:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Beredar sebuah tangkapan layar berisi artikel tentang Budi Sadikin memberi tanggapan soal obat diabetes. Tangkapan layar itu mencatut Kompas dan CNN dengan menambahkan logo kedua kedua media tersebut.

Judul “SETELAH 7 HARI, GULA AKAN MENJADI 4,3 MMOL/L” tampak dalam rubrik Kompas yang diklaim tayang pada 4 Juni 2022.

Narasi lain juga muncul pada sub judul dengan narasi, “dalam bahan alami ini terdapat musuh utama diabetes.

Tangkapan layar tersebut dibagikan oleh salah satu pengguna Facebook, Boydb Heimbach dan mendapatkan 800 suka hingga 34 kali dibagikan.

cek fakta waspada klaim obat diabetes catut nama menkes ri
©Facebook

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan mencari arsip artikel di Harian Kompas. Hasilnya tidak ditemukan artikel tersebut pada Harian Kompas edisi 4 Juni 2022 yang judul utamanya Antusiasme dan Harapan Berpacu di Jakarta E-Prix.

Di dalamnya tidak ada foto Menkes Budi Gunadi Sadikin maupun artikel yang berhubungan dengan obat diabetes.

Unggahan Facebook itu juga menyertakan sebuah tautan yang mengarah pada situs cnnidcenter.online, situs yang mengatasnamakan CNN dengan menggunakan logo media tersebut.

Laman cnnidcenter.online yang diunggah 18 April 2022 ini memuat klaim hasil wawancara dengan Terawan Agus Putranto mengenai diabetes dan pengobatannya.

Tetapi, setelah menelusuri arsip berita 18 April 2022 di laman resmi CNN, tidak ditemukan adanya artikel yang berkaitan dengan dengan obat diabetes maupun wawancara dengan Terawan Agus Putranto seperti yang dimuat pada situs tersebut.

Situs itu juga memuat gambar tangkapan layar mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto saat sesi wawancara bersama CNN Indonesia TV pada 29 Oktober 2021. Pada tangkapan layar tersebut tertera template dengan tulisan “OBAT INI TELAH MEMBANTU RIBUAN ORANG”.

Dengan menggunakan reverse image Google dan Yandex, tim cek fakta Tempo menemukan fragmen yang identik dengan gambar tangkapan layar tersebut.

Video aslinya pernah diunggah di kanal YouTube CNN Indonesia dengan judul, “Menkes Terawan Bentuk Tim Atasi Permasalahan BPJS” yang dimuat pada 30 Oktober 2019.

Kesimpulan

Klaim yang mencatut nama Kompas dan mengeklaim Budi Sadikin memberi tanggapan mengenai obat diabetes adalah hoaks.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1959/keliru-harian-kompas-memuat-pernyataan-menkes-budi-gunadi-sadikin-tentang-obat-diabetes

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini