CEK FAKTA: Waspada Penipuan Surat Berharga Negara Mengatasnamakan Bank Indonesia

CEK FAKTA: Waspada Penipuan Surat Berharga Negara Mengatasnamakan Bank Indonesia
Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko
CEK-FAKTA | 27 Mei 2022 09:49 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar adanya surat verifikasi keabsahan Surat Berharga Negara (SBN) dan surat pembuktian konfirmasi SBN yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Disebutkan penerbitan SBN senilai Rp100 juta oleh Bank Indonesia.

Surat tersebut disinyalir merupakan surat palsu yang digunakan pihak tertentu untuk melakukan modus penipuan.

hoaks soal bi
Instagram @bank_indonesia

Bank Indonesia, melalui akun Instagram resminya, memastikan bahwa BI tidak pernah menerbitkan surat verifikasi keabsahan dan bukti atas kepemilikan surat berharga apapun, termasuk Surat Berharga Negara (SBN).

SBN secara resmi hanya diterbitkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Selain itu, kepemilikan atas SBN dapat diketahui melalui Mitra distribusi (Midis).

"#BIWaspadaHoaks kali ini mau mengingatkan kepada semua #SobatRupiah, sebagai bank sentral, Bank Indonesia tidak pernah menerbitkan surat verifikasi keabsahan ataupun surat pembuktian konfirmasi atas kepemilikan surat berharga apapun, termasuk Surat Berharga Negara (SBN).

Perlu Sobat ketahui, semua hal terkait Surat Berharga Negara (SBN) hanya diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, bukan melalui Bank Indonesia.

Oleh karena itu, jika ada oknum yang mengaku memiliki surat-surat tersebut, maka dipastikan itu terindikasi tindak penipuan. Jangan sampai terkecoh ya, Sobat.

Hubungi #BICARA131 yang siap #BeriMakna lewat informasi akurat seputar Bank Indonesia," tulis akun Instagram @bank_indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami