Fakta Video WN China Dipanggil Karsono Kerja di PLTU Cilacap Diduga Salahi Aturan
CEK-FAKTA | 25 Januari 2019 20:43 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Petugas Imigrasi Semarang memeriksa Shan Lichang warga negara China, yang diduga memalsukan identitas. Kasus ini sempat viral di medsos. Dari hasil pemeriksaan diketahui pria tersebut sudah setahun memakai izin tinggal terbatas di Jawa Tengah.

"Jadi setelah kami cek Imigrasi Cilacap Shan Linchang bekerja di PLTU Buton Cilacap. Tidak ada dugaan pakai KTP palsu, dia memang punya identitas pekerja Tiongkok," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I A Kota Semarang, Ramli HS saat diwawancarai wartawan di Semarang, Jumat (25/1).

Dia menyebut dari hasil pemeriksaan, bahwa ada kesalahpahaman informasi yang dilaporkan oleh petugas keamanan PLTU. Di mana petugas setempat sengaja memviralkan kabar adanya pekerja China sambil memanggil nama Karsono.

"Jadi sempat sekuriti juga sempat diperiksa karena sempat merekam video itu panggil namanya bukan Karsono, tapi Shan Lichang," ujarnya.

Pengawasan terhadap para pekerja asing yang berada di PLTU Cilacap saat ini masih berlangsung. Pihaknya sengaja memperketat pengawasan agar tidak ada pekerja yang menyalahi aturan izin tinggal di Indonesia. Termasuk menyelidiki keberadaan pekerja asing yang tinggal di rumah-rumah penduduk lokal.

"Kalau ada orang asing bisa menunjukan surat izin kerjanya sesuai aturan, ya tidak masalah. Mereka tetap kita awasi sambil rutin cek ke lokasi tempat tinggalnya," tegasnya.

Kepala Disnakertrans Jawa Tengah, Wika Bintang mengaku pekerja China itu tidak menyalahi aturan. Karena ia telah mengantongi izin bekerja cukup lengkap.

"Jadi tidak ada masalah dengan dia. Itu hanya gurauan dari satpam PLTU saja. Kita juga sudah cek langsung ke sana," kata Wika Bintang.

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT