Hoaks Berita Sekjen PBB Beri Selamat Kepada Prabowo

CEK-FAKTA | 26 April 2019 21:45 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Sebuah unggahan yang beredar di sebuah situs komunitas memberikan informasi tentang Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Pedro Coelho pada Minggu (21/4) malam. Dalam unggahan itu disebutkan Pedro Coelho memberikan ucapan selamat bagi salah satu paslon dalam Pilpres 2019 ditambahkan dengan kata-kata 'ucapan selamat yang hangat' melalui juru bicaranya.

Informasi itu seakan-akan merupakan berita yang dibuat oleh Kantor Berita ANTARA yang mengutip berita dari Kantor Berita Xinhua yang memberitakan tersebut dari New York.

Kantor Berita ANTARA tidak pernah membuat berita dengan judul 'Sekjen PBB Ucapkan Selamat pada Prabowo Atas terpilihnya Menjadi Presiden RI'. Dari catatan berita yang ditelusuri di sistem milik ANTARA, tidak ada berita dengan isi dan judul tersebut.

Selain itu Pedro Coelho bukanlah Sekretaris Jenderal PBB. Saat ini Sekretaris Jenderal PBB dijabat oleh Antonio Guterres yang diangkat sejak 1 Januari 2017.

Selain itu pemilu dan pilpres 2019 hingga saat ini masih dalam tahap penghitungan suara manual yang dilakukan secara berjenjang dari TPS hingga ke tingkat KPU Pusat.

Baca juga:

Anggota DPRD Bulungan Jadi Tersangka Penyebar Hoaks Tentara China di Kaltara

7 Hoax dan Ilmu pengetahuan Palsu yang Dipercaya Umat Manusia

Ahli Bahasa: Informasi Disebarkan Tokoh Publik di Medsos Bisa Bentuk Opini

Polisi Pastikan WNA China Berseragam Tentara & Bersenjata di Kaltara Hoaks

Saksi Ahli Bongkar Percakapan Ratna Sarumpaet, Fadli Zon, Said Iqbal & Nanik

Atiqah Hasiholan Dampingi Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Lanjutan

Menkominfo Heran Masih Banyak Temukan Hoaks Soal Capres Meski Pilpres Usai

(mdk/gil)

TOPIK TERKAIT