Polri: Tidak ada sweeping kendaraan pelat D di Jakarta, itu hoaks!
CEK-FAKTA | 24 September 2018 14:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Usai pengeroyokan sadis Suporter Persib atau Bobotoh yang menewaskan Jakmania bernama Haringga Sirila, beredar kabar adanya upaya sweeping kendaraan pelat D di Jakarta. Nopol berawalan D diketahui berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

"Tidak ada, itu berita hoaks. Polisi dari Polda Jabar maupun Polda Metro mengantisipasi itu," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Menurut Dedi, Polda Jawa Barat tentu melakukan evaluasi dan berkomunikasi dengan pihak terkait dalam penanganan kasus ini. Termasuk jika memang ada upaya gangguan keamanan berbentuk sweeping kendaraan pelat D maupun B.

"Polda Jabar juga akan rilis baik pengungkapan kasusnya maupun langkah lanjut, serta evaluasi pengamanan. Hari ini akan dilakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi langkah selanjutnya," jelas dia.

Polisi pun mengimbau kelompok Jakmania maupun Bobotoh mampu menahan diri dan bersikap dewasa usai peristiwa tersebut. Sebagai negara hukum, masyarakat diminta menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus tersebut ke aparat penegak hukum.

"Saling menahan diri," kata Dedi.

Reporter: Nanda Perdana
Sumber : Liputan6.com

(mdk/rhm)