Viral Audrey Kerja di NASA dan Bertemu Presiden Jokowi Ternyata Hoaks

CEK-FAKTA | 8 Juli 2019 17:55 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Viral beredar kabar soal sosok Audrey Yu Jian Hui, seorang remaja jenius dari Indonesia yang kini bekerja di NASA dan kembali ke Indonesia setelah bertemu Presiden Jokowi. Kabar tersebut diketahui hoaks.

Penerbit Bentang Pustaka yang pernah menerbitkan dua buku yang ditulis Audrey, mengaku sudah mengklarifikasi kabar ini pada Budi Loekito, orang tua Audrey. Budi menyebut informasi itu hoaks.

"Siang ini kami mendapatkan klarifikasi langsung dari orang tua #Audrey terkait berita tersebut. Sudah jelas bahwa berita yang ramai dibahas itu hoax," tulis mereka di akun @bentangpustaka.

Budi menjelaskan Audrey tidak bekerja di NASA dan tidak pernah bertemu Presiden Jokowi. Saat ini Audrey tengah menyelesaikan S2/S3 di Amerika Serikat.

Meskipun partisipasi Audrey di NASA dan tawaran pekerjaan di BPPT itu hoax, tetapi kejeniusannya merupakan sebuah kebenaran. Audrey yang bernama lengkap Audrey Yu Jia Hui ini merupakan perempuan keturunan Tionghoa yang dinobatkan sebagai satu dari 72 duta prestasi Indonesia dalam pagelaran Festival Prestasi Indonesia.

Dipilihnya sosok Audrey bukanlah tanpa alasan. Dia merupakan anak jenius yang mampu menyelesaikan jenjang SMP selama 1 tahun, SMA ditempuh 11 bulan, dan menamatkan S1 di The College of Willliam and Mary, Virginia (AS) saat usianya masih menginjak 16 tahun.

Audrey telah menerbitkan dua bukunya bersama Bentang Pustaka yang berjudul Mellow Yellow Drama dan Mencari Sila Kelima. Dia menulis tentang pengalamannya dan keinginan untuk diterima seutuhnya di Indonesia yang dia cintai.

Baca sumbernya di twitter @bentangpustaka

Baca juga:
Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Catut Merdeka.com Soal Wanita Bawa Anjing di Masjid
Polisi Usut Penyebar Hoaks Catut Nama Merdeka.com Soal Wanita Bawa Anjing di Masjid
Cek Fakta: Bocah di Pati Bukan Dibakar Temannya Tapi Luka Bakar Akibat Main Mercon
Cek Fakta: Nama Merdeka.com Dicatut Sebar Hoaks Berita Wanita Bawa Anjing ke Masjid
Sebar Video Hoaks, Seorang PNS di Aceh Barat Daya Terancam 10 Tahun Bui
Penjelasan Polisi soal Hoaks-Hoaks yang Beredar di Media Sosial 22 Mei

(mdk/ian)