2 Imigran Suriah tewas tertimpa batu di perbatasan Krosia

DUNIA | 13 Agustus 2018 14:40 Reporter : Farah Fuadona

Merdeka.com - Dua imigran yang diduga menyelundup ke Kroasia dari Bosnia, ditemukan tewas di sebuah hutan sekitar 90 kilometer (55 mil) dari perbatasan.

"Ada dua belas orang, dua diantaranya ditemukan tewas," kata juru bicara polisi Senka Staroveski kepada wartawan, menambahkan bahwa mereka ditemukan Minggu pagi di sebuah hutan dekat kota Dreznica.

Menurut situs Jutarnji, kedua pria itu tewas ketika batu dari lereng curam jatuh dan menimpa keduanya saat tidur pada Minggu pagi. Dokumen yang ditemukan di tempat kejadian menunjukkan bahwa mereka berdua merupakan warga Suriah, berusia 24 tahun, dilansir dari AFP, Senin (13/8).

Polisi tidak memberikan rincian lebih lanjut, hanya mengatakan bahwa penyelidikan sedang berlangsung.

Pihak berwenang Bosnia memperkirakan bahwa sekitar 4.000 imigran dan pengungsi saat ini berada di Bosnia, terutama di kota Bihac dan Velika Kladusa, keduanya dekat perbatasan Kroasia. Para pengungsi ini berharap untuk memasuki Uni Eropa di sepanjang yang disebut "Rute Balkan".

Banyak yang berkemah di taman atau bangunan yang ditinggalkan, sementara Palang Merah dan relawan setempat menyediakan makanan dan kebutuhan dasar lainnya.

Menurut data pemerintah, korban tewas termasuk di antara lebih dari 10.000 imigran yang secara ilegal masuk ke wilayah Balkan sejak Januari melalui Turki.

Menurut penghitungan oleh kelompok kemanusiaan Doctors Without Borders, lebih dari 80 imigran tewas, angka kematian tertinggi diakibatkan tenggelam, kedinginan dan kecelakaan di jalan.

Baca juga:
Pengungsi Suriah membangun harapan dengan belajar salon di Lebanon
Ratusan pengungsi Suriah di Libanon pulang ke rumah masing-masing
Rusia dan Libanon bahas rencana pemulangan pengungsi Suriah
Rusia: 1,7 Juta pengungsi Suriah bisa kembali pulang dalam waktu dekat
Warga Suriah rindukan perdamaian setelah 7 tahun dilanda konflik
Asa baru bocah berkaki kaleng asal Suriah

(mdk/frh)