2 Persen Kekayaan Elon Musk Bisa Atasi Masalah Kelaparan di Dunia

2 Persen Kekayaan Elon Musk Bisa Atasi Masalah Kelaparan di Dunia
Elon Musk. ©2015 Merdeka.com
DUNIA | 27 Oktober 2021 18:09 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Sekelompok kecil orang super kaya di dunia bisa membantu mengatasi masalah kelaparan di dunia hanya dengan sebagian kecil dari kekayaan bersih mereka. Hal ini disampaikan Direktur Program Pangan Dunia PBB (WFP), David Beasley dalam wawancara di acara Connect the World with Becky Anderson CNN.

Beasley mengatakan, para miliarder ini perlu melangkah sekarang bersama-sama sekarang, secara khusus menyebut dua orang terkaya di dunia, Jeff Bezos dan Elon Musk.

“USD 6 miliar (Rp 85 triliun) untuk membantu 42 juta orang yang benar-benar akan mati jika kita tidak menolong mereka. Ini tidak rumit,” jelasnya, dikutip dari laman CNN, Rabu (27/10).

CEO Tesla, Elon Musk, memiliki kekayaan bersih hampir USD 289 miliar atau sekitar Rp 4.100 triliun, menurut Bloomberg, berarti Beasley meminta sumbangan hanya 2 persen dari kekayaannya. Kekayaan bersih para miliarder AS hampir naik dua kali lipat sejak awal pandemi, mencapai USD 5,04 triliun pada Oktober, menurut Institute for Policy Studies and Americans for Tax Fairness.

Beasley mengatakan, berbagai krisis termasuk perubahan iklim dan pandemi Covid menyebabkan banyak negara terancam menghadapi kelaparan.

Setengah dari populasi Afghanistan atau sekitar 22,8 juta jiwa, menghadapi krisis kelaparan akut, menurut laporan WFP yang dirilis pada Senin. Pengangguran yang tidak terkendali dan krisis likuiditas berarti negara tersebut sedang berada di ujung krisis kemanusiaan dan 3,2 juta anak-anak di bawah usia 5 tahun berada dalam bahaya, menurut kesimpulan laporan tersebut.

Di Ethiopia, WFP memperkirakan 5,2 juta orang perlu bantuan makanan mendesak di wilayah Tigray, di mana Perdana Menteri Abiy Ahmed memimpin serangan besar terhadap Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) sejak tahun lalu. Ribuan warga sipil sejak saat itu terbunuh, sementara lebih dari 2 juta orang lainnya telantar.

Lembaga kemanusiaan seperti WFP telah berjuang untuk memasok makanan kepada warga yang membutuhkan di wilayah tersebut.

“Saya tidak tahu dari mana mereka mendapatkan makanan,” ujar Beasley.

“Kami kehabisan pasokan. Kami kehabisan uang tunai, dalam hal untuk membayar orang-orang kami dan kami kehabisan uang dan kami tidak bisa mengirim truk-truk kami.” (mdk/pan)

Baca juga:
Cerita 6 Miliuner dan Pebisnis Dunia Terinspirasi Ajaran Steve Jobs
Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia Berharta USD 200 Miliar
Miliuner Elon Musk Jual Harta Demi Wujudkan Mimpi Bangun Koloni di Mars
Miliuner Elon Musk Sumbang Rp716 Miliar untuk Rumah Sakit Penelitian Anak
Elon Musk Sindir Jeff Bezos Danai Riset Teknologi Cegah Penuaan
SpaceX Sukses Terbangkan Empat Awak Sipil ke Luar Angkasa

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami