30.000 Pengungsi Suriah Kembali ke Rumah Masing-Masing dari Zona Idlib

DUNIA | 30 November 2018 15:23 Reporter : Jayanti

Merdeka.com - Perwakilan Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Konflik Suriah, Mayor Jenderal Sergei Popov, melaporkan bahwa sejak beberapa hari lalu ada lebih dari 30.000 pengungsi Suriah yang kembali ke rumahnya dari zona Idlib. Mereka pulang melalui pos pemeriksaan kota Abu al Duhur di tenggara Aleppo yang mulai beroperasi pada Maret 2018.

Pada Februari lalu, warga Suriah berhasil bebas dari cengkraman kelompok militan sehingga pada Maret lalu pos pemeriksaan Abu al Duhur dibuka sebagai satu-satunya koridor kemanusiaan, di mana para pengungsi dapat kembali membentuk zona Idlib ke wilayah yang dikuasai oleh Suriah.

"Lebih dari 30.000 warga suriah meninggalkan tempat kemanusiaan sejak itu diresmikan. Selain itu, lebih dari 1.500 orang dan lebih dari 60 kendaraan juga telah meninggalkan tempat itu pada 26-27 November," kata Popov, dikutip dari Tass, Jumat (30/11).

Popov menambahkan bahwa ada tiga pos pemeriksaan yang beroperasi di Abu al Duhur, bersamaan dengan tempat makan di mana para pengungsi bisa mendapatkan keperluan seperti pakaian hangat dan juga akses peralatan medis di lapangan.

"Seorang polisi militer menyediakan jalur aman yang bekerja sama dengan badan-badan intelijen Republik Arab Suriah. Sebuah pos pemeriksaan untuk kendaraan dan orang yang bertugas untuk mendeteksi bahan peledak, senjata dan amunisi didirikan untuk mencegah terjadinya serangan teror dan provokasi," jelasnya.

Saat ini, Komite untuk Rekonsiliasi Nasional dari zona Idlib bersama perwakilan untuk Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Konflik di Suriah, sedang mengoperasikan penarikan para warga sipil ke wilayah yang dikuasai oleh pemerintah Suriah dan mengoperasikan akomodasi bagi para pengungsi tersebut.

Baca juga:
Terlantar di Bandara Malaysia 7 Bulan, Pria Suriah Akhirnya Terima Suaka dari Kanada
Yunani hukum polisi yang memaki & hina pengungsi tua saat antre makanan
Turki peringatkan Eropa 'gelombang baru' pengungsi Suriah dari Idlib
2 Imigran Suriah tewas tertimpa batu di perbatasan Krosia
Pengungsi Suriah membangun harapan dengan belajar salon di Lebanon
Ratusan pengungsi Suriah di Libanon pulang ke rumah masing-masing

(mdk/ias)