4 WNI Luka dan 3 Lagi Masih Hilang Usai Jembatan Ambruk di Taiwan

DUNIA | 2 Oktober 2019 16:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebuah jembatan di Kota Nanfang'ao, Yilan, Taiwan kemarin ambruk. Awalnya dikabarkan enam orang Filipina dan tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai nelayan jadi korban peristiwa tersebut, serta pengemudi truk tanker bensin asal Taiwan.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Joedha Nugraha mengatakan pemerintah tengah mengupayakan bantuan dan penyelamatan korban.

Ia membenarkan ada WNI korban insiden jembatan ambruk itu, kemudian memperbaharui data yang sebelumnya sudah disebutkan tiga menjadi tujuh orang WNI yang jadi korban.

"Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei telah mengirimkan tim ke lokasi kejadian, dan mendapat informasi terdapat 4 WNI ABK (Anak Buah Kapal) yang mengalami luka-luka dan terdapat 3 WNI ABK yang hilang, diduga terjebak di antara reruntuhan," kata Joedha Nugraha dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu (2/10).

"KDEI Taipei terus memberikan bantuan kepada para korban luka WNI," tambah Joedha Nugraha.

1 dari 1 halaman

Penyebab Ambruk Belum Diketahui

Selain itu, ia juga menyatakan pihak berwenang RI akan terus berkoordinasi dengan otoritas Taiwan untuk pencarian korban WNI hilang.

"Runtuh sekitar pukul 09.30 waktu setempat pada Selasa, 1 Oktober 2019. Jembatan menimpa tiga kapal ikan dan satu truk minyak," kata Joedha.

Sebelumnya, tim penyelamat dilaporkan berupaya menyelamatkan enam orang yang dikhawatirkan terperangkap usai jembatan itu ambruk.

Dikhawatirkan enam orang hilang itu terperangkap dalam perahu yang berada di bawah struktur jembatan yang runtuh.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen juga turut berkomentar perihal insiden itu.

"Kami berharap untuk menyelamatkan semua dengan aman, dalam waktu singkat untuk meminimalkan kerusakan," kata Presiden Tsai Ing-wen.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab jembatan yang dibangun tahun 1998 dan membentang di pelabuhan kecil tersebut runtuh. (mdk/pan)

Baca juga:
Jembatan Ambruk di Taiwan, Tiga WNI Dilaporkan Jadi Korban
Taiwan Kecam Kediktatoran China dalam Perayaan ke-70 Partai Komunis
Perusahaan Asal Taiwan Tertarik Investasi di Kilang Balongan Milik Pertamina
Taiwan Excellence 2019: Lima Merek Tawarkan Solusi Internet of Things di Indonesia
Lima ABK WNI Dilaporkan Hilang di Perairan Taiwan
Para Pejabat di Negara ini Mundur karena Pemadaman Listrik