40 tahun lagi dunia bisa saja tanpa pesawat

DUNIA | 29 Maret 2012 13:21 Reporter : Faisal Assegaf

Merdeka.com - Bagi yang belum berhaji, paksakanlah diri Anda menunaikan rukun Islam terakhir itu. Jangan tunggu sampai empat dekade lagi. Bisa-bisa Anda tidak bisa melakoni itu atau paling tidak harus susah payah menuju Mekkah, Arab saudi. .

Kemungkinan itu bisa saja terjadi jika peringatan dari seorang ilmuwan menjadi kenyataan. Menurut Luke Barnard dari Universitas Reading, Inggris, kegiatan matahari bakal menurun dalam empat dekade mendatang. Boleh jadi ini kabar baik.

Namun, dia memperingatkan penurunan aktivitas bintang api itu malah makin membuat Bumi berisiko terkena delapan letusan besar matahari saban abad. "Radiasi di ruang angkasa bisa menjadi masalah serius bagi penduduk Bumi dan sistem elektronik di mana kita sangat bergantung pada itu," kata Barnard, seperti dilaporkan surat kabar the Daily Mail, Kamis (29/3).

Dia menambahkan perubahan medan magnetik matahari itu membuat planet yang kita huni menjadi rentan terkena sinar ledakan kosmik. Bumi juga berisiko tersambar badai matahari yang kian berbahaya.

Kedua hal itu, Barnard melanjutkan, sangat berbahaya bagi astronot dan penumpang pesawat jarak jauh. Barnard menegaskan situasi itu amat sulit untuk diatasi.

Alhasil, boleh jadi 40 tahun lagi tidak ada pesawat jarak jauh dan jumlah jamaah haji asal Indonesia yang selama ini terbesar sejagat bakal menurun. (mdk/fas)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.