5 Bos paling dermawan rela bagi hartanya kepada karyawan

5 Bos paling dermawan rela bagi hartanya kepada karyawan
Hamdi Ulukaya pemilik pabrik yoghurt Chobani bagi-bagi saham. ©2016 NYT/Alexandra Hootnick
DUNIA | 29 April 2016 07:32 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro

Merdeka.com - Karyawan di belahan dunia manapun ingin sejahtera. Demikian pula para pemilik perusahaan. Namun kepentingan kedua pihak kerap berseberangan, sehingga berujung unjuk rasa atau aksi mogok. Seakan-akan hubungan bos dan buruh hanya bisa dilihat dari antagonisme, saling bermusuhan.

Padahal, ada solusi jalan tengah yang bisa diambil. Bos bisa tetap meraup profit tanpa mengorbankan hak karyawan, bahkan justru menambahnya dengan insentif-insentif lain. Contohnya langkah produsen Yoghurt Chobani di Amerika Serikat pekan lalu. Sang pemilik membagikan saham, sehingga seluruh karyawan mendadak jadi jutawan.

Solusi macam itulah yang diambil oleh lima bos perusahaan skala global yang sangat dermawan berikut. Mereka justru mengurangi jatah saham, memangkas gajinya sendiri, atau membiayai karyawan jalan-jalan ke luar negeri.

Para CEO ini tampaknya percaya satu hal: berinvestasi pada pekerja tak akan pernah menghasilkan kerugian. Jika karyawan bahagia, kinerja pun meningkat, perusahaan pun akan menikmati untungnya.

Penasaran siapa saja lima sosok bos yang sangat dicintai karyawannya itu? Berikut rangkumannya oleh tim merdeka.com:

Baca Selanjutnya: Dan Price...

Halaman

(mdk/ard)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami