5 Negara Pilih Pindahkan Ibu Kota, Inilah Penyebabnya

DUNIA | 1 Mei 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Presiden Jokowi telah menyetujui ibu kota negara pindah ke luar pulau Jawa. Wacana pemindahan ibu kota di Indonesia sudah muncul sejak era Soekarno. Tiap ganti presiden, wacana itu muncul dan belum pernah terealisasi.

Sementara di negara-negara lain, sudah pernah melakukan pemindahan ibu kota. Negara mana saja yang pernah melakukan pemindahan ibu kota?

1 dari 5 halaman

Kazakhstan

Tahun 1997, Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana. Alasannya, karena Almaty merupakan pusat bisnis dan kota dengan populasi terbesar di Kazakhstan. Kini pemindahan ibu kota Kazakhstan berimbas baik pada negaranya.

Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev saat itu menjelaskan dipilihnya Astana menjadi ibu kota Kazakhstan. Karena ingin Kazakhstan memiliki semangat penciptaan, inovasi dan peran Kazakhstan sebagai tempat timur dan barat bertemu.

2 dari 5 halaman

Malaysia

Malaysia juga memindahkan ibu kota karena masalah kesemrawutan kota. Tahun 1999, pemerintah Malaysia memindahkan ibu kota dari Kuala Lumpur ke Putrajaya.

Sebelum dipindahkan, Kuala Lumpur menjadi pusat pertumbuhan Malaysia. Akibatnya, kondisi Kuala Lumpur menjadi tak teratasi. Karena masalah ini, akhirnya pusat pemerintahan pindah ke Putrajaya.

Pemindahan ibu kota ini berimbas baik pada perekonomian Malaysia. Tahun 2013 lalu, Menteri Keuangan II Malaysia Ahmad Husni Handzalah, pertumbuhan ekonomi Malaysia berkembang signifikan.

3 dari 5 halaman

Australia

Australia juga memindahkan ibu kota karena masalah kemacetan dan kepadatan. Pemindahan ibu kota dilakukan tahun 1927. Ibu kota Australia pindah, dari Melbourne ke Canberra.

Untuk memindahkan ibu kota ini, pemerintah Australia sampai membuat sayembara. Persyaratannya, ibu kota yang baru itu harus memiliki wilayah yang luas dan memiliki taman kota besar.

Akhirnya tercetus Canberra sebagai ibu kota Australia. Meskipun pusat pemerintahannya pindah, Melbourne tetap menjadi pusat bisnis dan perekonomian. Kini Australia menjadi kota paling nyaman untuk ditinggali.

4 dari 5 halaman

Rusia

Rusia sempat bingung menentukan ibu kota. Awalnya Moskow menjadi ibu kota Rusia sejak abad ke-14 sampai 1712. Namun kebijakan pimpinan Rusia berubah. Ibu kota Rusia menjadi St.Petersburg.

Alasan pemindahan ini adalah agar akses lebih dekat ke Eropa. Namun, pada 1918, Ibu Kota Rusia kembali dipindahkan ke Moskow.

5 dari 5 halaman

Nigeria

Kemungkinan salah satu alasan pemindahan ibu kota Nigeria adalah untuk pemerataan penduduk. Pada 1991, ibu kota Nigeria berpindah dari Lagos ke kota Abuja.

Sebelum menjadi pusat pemerintahan, kota Abuja masih sangat sepi penduduk. Namun setelah ibu kota pindah dan pembangunan dilakukan di Abuja, kota ini semakin didatangi arus urbanisasi.

(mdk/has)