Afghanistan Bebaskan 100 Tahanan Taliban Demi Jaga Upaya Perundingan Damai

Afghanistan Bebaskan 100 Tahanan Taliban Demi Jaga Upaya Perundingan Damai
DUNIA | 9 April 2020 19:05 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pemerintah Afghanistan membebaskan 100 tahanan Taliban, sehari setelah kelompok militan itu mengatakan akan keluar dari perundingan dengan kabul.

Kantor Dewan Keamanan Nasional Afghanistan (NSC) mengatakan dalam sebuah pernyataan, para tahanan dibebaskan pada Rabu setelah melalui pemeriksaan dan menyatakan sumpah tak akan kembali bertempur.

Pemerintah juga telah menerima jaminan dari pemimpin di Taliban, tambah pernyataan tersebut dilansir dari laman Press TV, Kamis (9/4).

Pembebasan tahanan dipilih berdasarkan kondisi kesehatan mereka, usia, dan lama sisa masa tahanan.

"Sebagai bagian dari upaya kami untuk perdamaian dan penghentian Covid-19," kata pernyataan tersebut.

1 dari 2 halaman

Pemerintah dan Taliban telah membahas pertukaran tahanan pekan lalu di Kabul, yang akan membuka jalan perundingan damai intra-Afghanistan.

Pertukaran tahanan adalah bagian perjanjian yang disepakati Amerika Serikat dan Taliban pada Februari lalu yang mempertimbangkan penarikan keseluruhan pasukan AS dari Afghanistan. Pemerintah Afghanistan bukan bagian dari negosiasi atau kesepakatan, tapi telah sepakat membebaskan tahanan.

Juru bicara markas Taliban di Qatar, Suhail Shaheen, mengatakan pada Selasa, pihaknya tak ikut dalam pertemuan "tanpa hasil", mengklaim Kabul menunda proses pertukaran tahanan.

Menurut pejabat pemerintah Afghanistan, Taliban meminta pembebasan 15 komandan tingginya termasuk beberapa orang yang terlibat dalam sebagian besar serangan dalam beberapa tahun terakhir.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya pada Rabu, juru bicara NSC, Javid Faisal kepada AFP mengatakan, 15 komandan Taliban bukan termasuk dari 100 orang yang dibebaskan, dan tahanan tambahan akan dibebaskan tergantung pada langkah yang dilakukan Taliban.

"Kami melakukan bagian kami dalam perjanjian. Proses perdamaian harus dipercepat," ujarnya.

Di bawah perjanjian yang melibatkan AS, pemerintah Afghanistan disyaratkan membebaskan 5.000 tahanan Taliban, dan kelompok militan itu membebaskan 1.000 tawanan.

Pejabat Afghanistan mengatakan mereka akan membebaskan sedikitnya 1.000 tahanan non-Taliban sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di dalam penjara. (mdk/pan)

Baca juga:
Di Tengah Merebaknya Pandemi Corona, Bantuan Itu Datang dari Taliban
Afghanistan Bebaskan 10 Ribu Tahanan Cegah Penyebaran Covid-19
Ini Isi Perjanjian Damai Amerika Serikat-Taliban
Presiden Afghanistan Tolak Bebaskan Ribuan Tahanan Taliban
Perjuangan Aktor Afghanistan Talibshah Hosini Tinggal di Penampungan
Catatan Penting Perang AS di Afghanistan, Dari 2001 Sampai Kesepakatan Damai 2020

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami