Hot Issue

Akar Ideologi Taliban Bukan dari Afghanistan, Timur Tengah atau Negara Islam

Akar Ideologi Taliban Bukan dari Afghanistan, Timur Tengah atau Negara Islam
darul ulum deoband. ©AFP
DUNIA | 9 September 2021 07:51 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Ratusan pemuda berpakaian gamis putih dan peci bulat putih duduk bersila di sebuah ruang kelas yang dindingnya dihiasi tulisan teks Islam. Dari menara masjid di atas mereka, terdengar suara lantunan Alquran secara serempak.

Suara itu terdengar di tengah lingkungan yang dipadati gerobak penjual, becak, dan pedagang asongan. Di sinilah ideologi Taliban berasal. Ini bukan Afghanistan, juga bukan Timur Tengah. Bahkan bukan negara mayoritas muslim. Ini adalah sebuah kota kecil di India berjarak sekitar 160 kilometer dari New Delhi.

Lebih dari 150 tahun lalu di sinilah sarjana muslim mulai menyebarkan Islam yang juga berkelindan dengan politik di masa itu. Madrasah Darul Ulum Deoband yang didirikan pada 1866 mengajarkan, dengan kembali pada prinsip-prinsip Islam maka muslim India akan mampu melawan kolonial Inggris. Kurang dari satu dasawarsa sebelumnya, Inggris mengambil alih India dari East India Company. Penguasa muslim sebelumnya--Mughal--sudah ditaklukkan.

"Inggris mengambil alih. Kehebatan muslim pudar. Jadi ada semacam rasa kepedihan di tengah-tengah muslim," kata Luv Puri, peneliti, penulis dan kolumnis, seperti dikutip dari NPR, Rabu (8/9). "Mereka kemudian memutuskan inilah saatnya untuk merebut kembali kejayaan Islam. Mari mulai lewat sebuah gerakan."

Gerakan yang mereka mulai kemudian dikenal dengan Islam Deobandi, semacam aliran paham Sunni yang berasal dari India dan Pakistan. Para pengikutnya di kemudian hari mendukung perjuangan Mahatma Gandhi. Setelah India terbelah, mereka menyebar ke Asia Selatan dan mendirikan madrasah-madrasah, mengajarkan Islam garis keras--terutama di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Di sanalah mereka memberi pengajaran kepada murid-murid yang kemudian dikenal dengan nama Taliban.

Baca Selanjutnya: Akar Ideologi Taliban Sebenarnya dari...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami