Amerika Ciptakan Alat Tes Covid-19, Hanya Perlu Waktu 45 Menit Deteksi Virus Corona

Amerika Ciptakan Alat Tes Covid-19, Hanya Perlu Waktu 45 Menit Deteksi Virus Corona
DUNIA | 22 Maret 2020 15:07 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengumumkan telah meresmikan penggunaan tes diagnostik cepat pertama yang bisa mendeteksi virus corona hanya dalam waktu sekitar 45 menit.

Peresmian dilakukan pada Jumat dan alat tes akan mulai dikirim pekan depan, menurut pernyataan dari perusahaan yang memproduksi alat tes yang berbasis di California, Cepheid.

"Selama ini meningkatnya permintaan untuk layanan rumah sakit, dokter sangat membutuhkan tes diagnostik sesuai permintaan untuk menangani pasien yang dievaluasi untuk masuk ke fasilitas perawatan kesehatan," kata kepala petugas medis dan teknologi Cepheid, Dr. David Persing, MD, Ph.D., dikutip dari CNN, Minggu (22/3).

Tes akurat yang hasilnya bisa langsung diketahui pasien menurutnya sangat transformatif.

Tes yang lebih efisien muncul karena komunitas medis berupaya mendapatkan hasil yang lebih cepat untuk membendung gelombang wabah ini.

Pekan lalu, Dr. Rod Hochman, CEO Providence St. Joseph Health, sebuah organisasi yang membawahi 51 rumah sakit dan sekitar 1.000 klinik, menggambarkan kapasitas pengujian di AS sangat kurang. Proses untuk mengetahui hasil tes berkisar dari 24 jam hingga empat hari, hal ini menurutnya tak dapat diterima.

Jika kasus-kasus penyakit ini tidak teridentifikasi dengan cepat dan penyebaran di masyarakat akan terus tidak terkendali, seperti yang terjadi di Wuhan, China, kata Dr. Peter Hotez, Dekan Sekolah Kedokteran Tropis Nasional di Universitas Kedokteran Baylore.

Baca Selanjutnya: Utamakan Pasien dengan Gejala...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami