Abbott Laboratories Keluarkan Alat Tes Virus Corona, Hasil Keluar Dalam 5 Menit

Abbott Laboratories Keluarkan Alat Tes Virus Corona, Hasil Keluar Dalam 5 Menit
DUNIA | 28 Maret 2020 16:45 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Sebuah laboratorium di Amerika Serikat (AS) mengeluarkan alat tes virus corona portabel. Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pada Jumat, dengan alat ini hasil tes dapat diketahui hanya dalam waktu lima menit.

Abbot Laboratories mengatakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberikannya otorisasi darurat untuk mulai menyediakan alat tes untuk fasilitas kesehatan paling cepat pekan depan.

Alat tes, yang berukuran seperti pemanggang roti kecil dan menggunakan teknologi molekuler, juga menunjukkan hasil negatif dalam 13 menit, kata perusahaan itu dalam pernyataan pers.

"Pandemi Covid-19 akan dilawan melalui berbagai bidang, dan uji molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata Presiden dan Kepala Operasi Abbot Laboratories, Robert Ford, dilansir dari Alarabiya, Sabtu (28/3).

1 dari 1 halaman

Ukuran alat tes yang kecil berarti dapat digunakan di luar rumah sakit, kata Ford.

Abbott bekerja sama dengan FDA untuk mengirimkannya ke pusat-pusat wabah.

Alat tes ini belum secara resmi disetujui FDA. Sementara ini hanya diizinkan untuk penggunaan darurat oleh laboratorium dan penyedia layanan kesehatan yang disetujui, kata perusahaan itu.

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami