Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Hadapi Ancaman Wabah Virus Corona

Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Hadapi Ancaman Wabah Virus Corona
Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura. AP Photo/Evan Vucc
DUNIA | 14 Februari 2020 13:14 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Amerika Serikat (AS) sangat memperhatikan kemungkinan dampak wabah virus corona atau Covid-19 di Korea Utara (Korut). Kendati belum ada laporan kasus ini di negara tersebut, AS menyatakan siap membantu Korea Utara jika wabah ini meluas ke sana. Demikian disampaikan Departemen Luar Negeri AS pada Kamis (13/2).

"Kami sangat mendukung dan mendorong tugas AS dan organisasi bantuan dan kesehatan internasional untuk melawan dan mencegah penyebaran virus corona di Korea Utara," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Aljazeera, Jumat (14/2).

Pernyataan tersebut disampaikan setelah Palang Merah internasional menyerukan pembebasan sanksi terhadap Pyongyang untuk membantu mencegah wabah tersebut.

"Amerika Serikat siap dan mempersiapkan untuk memfasilitasi secepatnya persetujuan bantuan dari organisasi-organisasi ini," tambahnya.

Sampai saat ini belum ada laporan kasus virus corona dari Korea Utara. Hal ini menjadi pertanyaan sejumlah pihak. Pasalnya Korea Utara berbatasan dengan China, sedangkan beberapa negara tetangga China lainnya seperti Rusia dan Korea Selatan telah mengonfirmasi kasus virus corona.

Baca Selanjutnya: Korea Utara pernah menyampaikan pada...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami