Aparat AS Temukan Terowongan Rahasia untuk Selundupkan Narkoba dari Meksiko

Aparat AS Temukan Terowongan Rahasia untuk Selundupkan Narkoba dari Meksiko
Penemuan terowongan rahasia di perbatasan AS-Meksiko. ©2022 Department of Homeland Security/Handout via REUTERS
DUNIA | 19 Mei 2022 13:13 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) menemukan terowongan besar yang menghubungkan AS-Meksiko yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba. Terowongan ini menghubungkan kota Tijuana, Meksiko dengan sebuah gudang di San Diego, AS.

Terowongan sepanjang 531 meter itu dilengkapi jalur kereta, listrik, dan sistem ventilasi.

Dikutip dari BBC, Kamis (19/5), terowongan ditemukan ketika aparat berwenang AS mengawasi sebuah bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan kokain selundupan. Mereka juga menyita kokain, heroin, dan methamphetamine. Enam orang ditangkap dan dikenakan dakwaan penyelundupan narkoba.

Kantor Kejakasaan Distrik Selatan California menyampaikan, terowongan tersebut memiliki kedalaman 18 meter dan lebar 1 meter. Sebelum ditemukan, para petugas melihat beberapa kendaraan lalu lalang dari sebuah bangunan di Tijuana dan gudang yang ada di San Diego pada Jumat (13/5).

Petugas lalu menghentikan kendaraan tersebut dan melakukan pemeriksaan. Petugas menemukan narkoba dan menyita 799 kilogram kokain, 74 kilogram methampetamine, dan 1,5 kilogram heroin.

Saat para petugas memasuki gudang tersebut, titik keluar terowongan ditemukan.

Sejumlah ditangkap, berusia antara 31 dan 55 tahun. Mereka terancam dihukum penjara seumur hidup dan denda USD 1 juta jika terbukti bersalah.

"Tidak ada penerangan di ujung terowongan narko (narkoba) ini," kata Jaksa AS, Randy Grossman.

"Kami akan menutup setiap rute penyelundupan bawah tanah yang kami temukan untuk mencegah obat-obatan terlarang itu sampai ke jalan-jalan dan merusak keluarga kami dan masyarakat."

Pada 2020 juga ditemukan terowongan sejenis di California, yang menjadi terowongan terpanjang yang ditemukan sampai saat ini dengan panjang 1.313 meter. Sejak 1993, 90 jalur rahasia penyelundupan narkoba ditemukan.

(mdk/pan)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami